Menhut Pantau Habitat Biota Laut Di Perairan Pulau Pahawang Dan Kunjungan Kerja di Kab. Tanggamus Provinsi Lampung

id Menhut Pantau Habitat Biota Laut Di Perairan Pulau Pahawang Dan Kunjungan Kerja di Kab. Tanggamus Provinsi Lampung, Teluk Kiluan, Pulau, Pantai, Nel

 Menhut Pantau Habitat Biota Laut Di Perairan Pulau Pahawang Dan Kunjungan Kerja di Kab. Tanggamus Provinsi Lampung

Sejumlah bangunan masyarakat dan pemerintahan desa yang terancam abraasi pantai di Pulau Legundi, yang berdekatan dengan Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. (ANTARA FOTO Dok/Agus Setyawan).

Tanggamus, Lampung 25 Desember 2013 (ANTARA) ¿ Pada kunjungan kerjanya kali ini, Menhut mengunjungi adalah Desa Kiloan Negeri dan Desa Penyandingan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Menempuh perjalanan laut lebih kurang 2 jam menggunakan Kapal Badak Laut Kementerian Kehutanan, Menhut Mengunjungi Masyarakat di Desa Penyandingan dan Desa Kiloan Negeri yang sudah ditunggu oleh Bupati Lampung Selatan di Lokasi. Selama perjalanan menuju lokasi, Menhut memantau kondisi perairan Teluk Kiloan yang Menurut Menhut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata laut.
    
Dalam sambutannya di kedua desa, Menhut berkali-kali mengajak masyarakat untuk menjaga hutan di wilayah kedua desa tersebut, selain itu Menhut juga mengajak untuk menjaga kawasan perairan yang baik di wilayah Kabupaten Pesawaran maupun Kabupaten Tanggamus dengan harapan kedua kawasan tersebut bisa menjadi kawasan wisata laut di masa depan, Kelestarian yang nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut. Beberapa hal yang bisa dilakukan Menurut Menhut adalah dengan menjaga kelestarian hutan, menjaga kelestarian habitat biota laut, menyiapkan sarana prasarana seperti menyiapkan rumah-rumah penduduk yang layak huni sehingga wisatawan mau berdatangan, yang pada akhirnya  memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar.
    
Selain itu, menurut Menhut peran serta masyarakat sangat penting untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan tersebut. Dengan tujuan akhir kawasan hutan di sekitar pemukiman lestari dan habitat biota laut terjaga, pada akhirnya kesejateraan masyarakat meningkat. Di akhir kunjungannya, Menhut yang didampingi Bupati Tanggamus menyempatkan diri meninjau kondisi sungai Way Penyandingan yang pernah meluap dan menggenangi rumah-rumah penduduk. Menhut menyarankan kepada Bupati Tanggamus untuk segera melakukan penanaman bakau di sepanjang sungai yang dekat dengan laut tersebut. Menhut menjelaskan dengan menanam jenis bakau bisa memecah ombak yang datang dari arah laut.

(W.Indrawan).