Pemkot Bandarlampung siapkan satgas pantau rumah yang ditinggal mudik

id Lampung,Bandarlamlung,Pemkot Bandarlampung,Mudik

Pemkot Bandarlampung siapkan satgas pantau rumah yang ditinggal mudik

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana (kiri) saat bertindak sebagai pemimpin upacara pada Apel Pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Mapolresta Bandarlampung. Rabu (3/4/2024). ANTARA/HO-Polresta Bandarlampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung, menyiapkan satuan tugas (satgas) khusus guna memantau rumah-rumah warga yang ditinggalkan pemudik Lebaran 2024.

“Kami nanti siapkan satgas untuk memantau rumah-rumah atau wilayah yang warganya sudah mudik ke kampung halaman,” Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Rabu.

Dia pun meminta personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama rukun tetangga (RT) ataupun pamong daerah setempat agar dapat ikut membantu memantau rumah yang ditinggalkan warga yang tengah mudik.

"Bisa juga nanti dilakukan patroli bersama untuk memantau rumah yang ditinggal mudik," kata dia.

Sementara itu Kapolresta Bandarlampung Kombespol Abdul Waras mengimbau masyarakat kota yang akan mudik agar menitipkan kendaraannya di Mapolresta ataupun di kantor Polsek jajaran.

"Bagi warga yang ingin mudik dan khawatir dengan sepeda motor yang ditinggalkan, pihaknya memberikan layanan penitipan sepeda motor di Mako Polri, baik Polresta Bandar Lampung maupun Polsek jajaran," kata dia.

Abdul Waras juga berharap agar masyarakat yang akan mudik dapat memastikan lebih dahulu kediaman yang akan ditinggalkan dalam kondisi terkunci dan aman.

“Bagi masyarakat yang akan mudik agar cek lagi rumahnya sehingga benar-benar dalam keadaan safety, baik dari segi keamanan maupun kondisi rumah, sebelum ditinggalkan,” kata dia.

Abdul Waras mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Krakatau 2024, Polresta Bandarlampung menerjunkan 427 personel pengamanan dan mendirikan sembilan posko pengamanan.

"Posko tersebut terdiri dari satu pos terpadu dan dua pos pelayanan serta enam pos pengamanan," kata dia.