Pertamina Patra Niaga pantau distribusi energi di Lampung

id pertamina patra niaga, distribusi energi, bbm, lpg, mudik

Pertamina Patra Niaga pantau distribusi energi di Lampung

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya (ANTARA/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya, memantau langsung fasilitas unit operasi pendistribusian energi di wilayah Lampung.

"Pengecekan hari ini dalam rangka memastikan pelayanan pada masa Ramadhan dan Idul Fitri ini dapat berjalan dengan baik dan kondisi stok dalam keadaan aman," kata Maya Kusmaya, di Rest Area Tol Km 115 ruas Lampung, Selasa.

Ia bersama rombongan melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas Pertamina Patra Niaga yang berada di Lampung seperti Integrated Terminal (IT) Panjang, Depot Pengisian Pesawat Udara, serta SPBU di jalur Tol Lampung-Palembang.

Ia menyebutkan guna memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan kehandalan operasional mulai dari terminal BBM dan LPG, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE.

Kemudian menyiagakan build up stock dan fakultatif jika sewaktu-waktu diperlukan. Untuk produk subsidi dan penugasan, penyaluran akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan Pemerintah.

Selain itu, lanjut dia, guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina kembali membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) yang akan bertugas mulai tanggal 25 Maret hingga 21 April 2024.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kebutuhan BBM dan LPG selama masa Satgas RAFI di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sebanyak 10 persen untuk Gasoline (bensin) jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada bulan sebelumnya dan untuk produk Gasoil (solar) tidak ada perubahan yang signifikan.

Selain itu, pihaknya juga memprediksi konsumsi LPG akan mengalami peningkatan pada Ramadhan tahun ini dengan estimasi sebanyak 5 persen dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada bulan sebelumnya. Dan untuk konsumsi Avtur akan mengalami peningkatan dengan estimasi sebanyak 6 persen dibandingkan dengan penjualan rata-rata pada bulan sebelumnya.

Saat ini, ketersediaan BBM dan LPG dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan, yang meliputi 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 688 SPBU, 56 SPBE, 491 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Selain infrastruktur dan sarana dan prasarana utama, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU siaga, 5.540 outlet pangkalan LPG siaga, 7 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 18 Unit Motoris, dan 16 unit mobil tanki.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina Patra Niaga pantau distribusi energi di wilayah Lampung