Bawaslu Lampung rekomendasikan pemungutan suara ulang di sejumlah TPS

id Lampung,Bandarlampung,Bawaslu Lampung,Pemilu 2024

Bawaslu Lampung rekomendasikan pemungutan suara ulang di sejumlah TPS

Ilustrasi: Suasana di TPS 19 Waykandis Bandarlampung yang terjadi pelanggaran pemilu di mana surat suara calon legislatif tercoblos dahulu. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Rekomendasi PSU kami berikan untuk TPS di Kota Bandarlampung yang berada di Waykandis, Rajabasa Raya dan di Kedaton
Bandarlampung (ANTARA) - Bawaslu Lampung merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung agar melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di tujuh kabupaten dan kota.

"Rekomendasi PSU kami berikan untuk TPS di Kota Bandarlampung yang berada di Waykandis, Rajabasa Raya dan di Kedaton," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Lampung, Tamri, di Bandarlampung, Kamis.

Kemudian, lanjut dia, rekomendasi PSU juga diberikan Bawaslu untuk TPS di Kabupaten Pesisir Barat yang berada di Bengkunat, lalu TPS di Lampung Timur di Jabung, Pesawaran di Wayrilau, dan Mesuji di Simpang Pematang.

"PSU yang kami berikan karena adanya kejadian khusus pada TPS tersebut," kata dia.

Dia mengatakan bahwa, secara umum, Bawaslu Lampung menerima sejumlah laporan dugaan kecurangan pemilu, salah satunya yang terjadi di TPS 19 Kelurahan Waykandis, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandarlampung.

"Kemudian di TPS yang ada di Pesawaran, ketua Kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) di sana mencoblos surat suara," kata dia.

Tamri pun menyampaikan bahwa PSU yang direkomendasikan Bawaslu terhadap sejumlah TPS di Lampung ini harus diupayakan agar dilakukan secara serentak.

"Artinya PSU akan dilakukan serentak, kami sedang membahas ini dengan KPU provinsi, diupayakan serentak di semua kabupaten. PSU ini paling lambat 10 hari ke depan. Kami akan minta menjadwalkan itu semua pekan ini," kata dia.

Baca juga: Kapolda apresiasi Bawaslu-KPU Bandarlampung tindaklanjuti surat suara tercoblos

Baca juga: Bawaslu Lampung perkuat awasi konstruksi TPS antisipasi hujan

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung minta pengawas awasi TPS untuk cegah kecurangan