Piala Asia: Iran singkirkan Jepang lewat gol penalti di menit akhir

id Piala Asia 2023, Iran, Jepang, semifinal, Sepak Bola Internasional, Qatar

Piala Asia: Iran singkirkan Jepang lewat gol penalti di menit akhir

Ilustrasi Piala Asia 2023 (Antara/ddn)

Jakarta (ANTARA) - Gol penalti Iran di menit-menit akhir berhasil menyingkirkan Jepang dengan skor 2-1 dalam laga perempatfinal Piala Asia 2023 di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar pada Sabtu malam WIB.

Timnas Jepang unggul duluan lewat golnya Hidemasa Morita di babak pertama sebelum Iran membalikkan keunggulan melalui dua gol Mohammad Mohebi di babak kedua.

Kemenangan ini membuat Iran sukses meraih tiket ke semifinal.

Jepang langsung mendominasi begitu pertandingan berlangsung. Iran kesulitan keluar dari tekanan, harus mengandalkan serangan balik.

Jepang unggul terlebih dahulu pada menit ke-28 lewat Hidemasa Morita. Ia menusuk ke dalam kotak penalti dengan melewati tiga hadangan lawan, tembakannya masih bisa ditepis kiper Beiranvand. Namun, bola melambung dan tetap masuk ke dalam gawangnya Iran. Skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Iran coba membalas, salah satunya lewat tendangan Ghoddos pada menit ke-38, tetapi tembakannya masih menyamping tipis dari sasaran. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 Jepang atas Iran.

Babak kedua langsung terbuka. Iran coba lebih menekan, tetapi Jepang masih bisa menguasai bola.

Iran akhirnya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-55, yang dilesakkan Mohammad Mohebi. Permainan tekanan tinggi akhirnya membuat Jepang kehilangan bola di depan kotak penalti. Mohebi kemudian menerima umpan terobosan yang kemudian bisa dituntaskannya menjadi gol. Jepang 1-1 Iran.

Iran sempat menambah gol pada menit ke-65 lewat Azmoun lewat sepakan mendatarnya. Sayangnya pemain AS Roma itu sudah berada dalam posisi offside saat menerima bola.

Penalti buat Iran pada menit ke-90+3, Kanaanizadegan dijatuhkan Itakura di depan gawang saat menyambar bola liar. Wasit sempat mengecek VAR dan wasit tetap menunjuk titik putih.

Mohebi maju jadi algojo dan sukses menaklukkan Suzuki, meski kiper Jepang itu bisa menebak arah arah bola. Iran secara dramatis sukses menyingkirkan Jepang dengan skor 2-1.