PW DMI Sumut dan PD DMI Sibolga berkolaborasi Dompet Dhuafa Waspada himpun donasi bagi rakyat Palestina

id PW DMI Sumut, PD DMI Sibolga, Dompet Dhuafa Waspada, rakyat Palestina

PW DMI Sumut dan PD DMI Sibolga berkolaborasi Dompet Dhuafa Waspada himpun donasi bagi rakyat Palestina

PW DMI Sumut dan PD DMI Sibolga berkolaborasi Dompet Dhuafa Waspada himpun donasi bagi rakyat Palestina. FOTO ANTARA/HO-DOMPET DHUAFA.

"Donasi ini juga secara sistematis bisa terhimpun dari para masjid lewat GSBB yang alhamdulillah sudah dilaksanakan di 37 masjid di Kota Sibolga
Medan (ANTARA) - Pengurus Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Utara melalui Pengurus Daerah (PD) DMI Sibolga berhasil menghimpun donasi untuk Palestina sebesar Rp200.000.000 yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa Waspada, Minggu (10/12).

Secara simbolis, donasi tersebut diserahkan oleh Ketua PD DMI Sibolga H. Sukardi, SE didampingi Ketua PW DMI Sumut H. Irhamudin, MA kepada Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman di Masjid Silaturrahim.

Penyerahan donasi itu juga turut disaksikan oleh Ketua PD DMI Deli Serdang AKBP, H. Sulaiman dan Ketua PD DMI Binjai dr. Darma Malem Sembiring, Sp T.H.T, KL, serta pengurus cabang DMI lainnya selepas melaksanakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah.

Pada serah terima tersebut, Sukardi menyampaikan bahwa donasi yang terhimpun itu berasal dari masyarakat Sibolga.

"Selama satu bulan donasi ini terhimpun berasal dari seluruh lapisan masyarakat Sibolga, ada dari jamaah masjid, ASN dan THL Pemko Sibolga, bahkan sampai anak kecil yang menyisihkan uang jajan mereka juga ikut mengantarkan ke rumah saya untuk memberikan donasi," ucap Sukardi.

Sukardi menambahkan terhimpunnya donasi tersebut juga tidak terlepas dari Gerakan Shalat Subuh Berjamaah (GSBB) oleh DMI Sibolga yang digelar di masjid-masjid yang ada di Sibolga.

 "Donasi ini juga secara sistematis bisa terhimpun dari para masjid lewat GSBB yang alhamdulillah sudah dilaksanakan di 37 masjid di Kota Sibolga lewat gerakan itu kita sampaikan donasi Palestina ini dan alhamdulillah mendapat respon yang luar biasa," katanya.

"Kepercayaan masyarakat Sibolga itu yang sangat kita hargai, solidaritasnya juga sehingga saya selaku koordinator donasi ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya semoga donasi ini tepat sasaran dan saudara kita di Palestina bisa segera dimerdekakan” pungkas Sukardi.

Terhimpunnya donasi Palestina dari PD DMI Sibolga itu juga dikatakan oleh H. Irhamudin, bahwa selama ini PD DMI Sibolga memang memiliki loyalitas tinggi dan tanggap bergerak dalam menghimpun donasi kemanusiaan.

"Kami melihat memang selama ini DMI Sibolga mempunyai konsistensi terhadap isu-isu kebencanaan sehingga memang bisa menghimpun donasi dalam jumlah yang besar. Tentu harapannya ini menjadi semangat bagi yang lain agar bagaimana bisa terus bersama-sama membantu sesama," ucap Ketua PW DMI Sumut itu.

H. Irhamudin juga berencana akan kembali menggalang dana untuk bantuan Palestina dari jamaah masjid yang ada di Sumatera Utara.

"Dalam waktu dekat kita akan surati agar masjid-masjid bisa menghimpun donasi dari para jamaah. Kami juga turut berterima kasih kepada Dompet Dhuafa Waspada, mudah-mudahan donasi untuk saudara kita di Palestina ini bisa tersampaikan dan bisa kita adakan lagi," tambah H. Irhamudin.

H.Irhamudin mengajak kepada PD DMI se Sumut untuk menggalang donasi setiap terjadi bencana. 

"Kami mengimbau kepada pimpinan daerah Dewan Masjid se-Sumut agar konsisten menggalang dana donasi di Indonesia baik ketika bencana alam atau kemanusian sebagai kepedulian DMI terhadap kejadian yang terjadi. Dan, tidak lupa tetap berkoordinasi dengan PW DMI Sumut," ajaknya.

Atas donasi disalurkan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman yang hadir menerima donasi tersebut mengucapkan terima kasih kepada PW DMI Sumut dan PD DMI Sibolga. 

"Terima kasih kepada PW DMI Sumut dan PD DMI Sibolga atas solidaritasnya sehingga bisa mengumpulkan donasi sejumlah yang diberikan tadi. Ini semakin menunjukkan kuatnya persaudaraan untuk bersama menolong saudara kita di Palestina," ucap Sulaiman.

Hingga saat ini, Dompet Dhuafa Waspada masih berupaya untuk menyalurkan bantuan ke Palestina. 

Salah satu fokus utama bantuan yakni dengan mendirikan dapur hangat di dua titik untuk memberikan 2.000 paket makanan siap saji setiap harinya kepada para pengungsi di Palestina.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Sudah berjalan lebih dari tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Kerjasama)