Program Kamus Masuk Sekolah di Lampung sasar tiga daerah

id Program kamus masuk sekolah, kantor bahasa Lampung, bahasa daerah,kamus bahasa

Program Kamus Masuk Sekolah di Lampung sasar tiga daerah

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti saat memberi keterangan terkait kegiatan revitalisasi bahasa daerah, di Bandarlampung, Rabu (22/11/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Untuk meningkatkan kosakata para generasi muda telah dilaksanakan program Kamus Masuk Sekolah.
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti mengatakan telah ada tiga daerah yang menjadi sasaran program Kamus Masuk Sekolah sebagai upaya peningkatan kosakata bahasa daerah dan bahasa Indonesia kepada generasi muda.

"Dengan adanya perkembangan zaman, maka frasa ataupun lema juga terus berkembang dan makin kaya, sehingga pengguna bahasa harus mempelajari ini dengan cepat terutama untuk generasi muda," ujar Desi Ari Pressanti, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dalam upaya memberikan edukasi kepada generasi muda untuk memperkaya kembali kosakata bahasa Indonesia serta bahasa Lampung mereka, maka telah dilaksanakan program Kamus Masuk Sekolah.

"Yang terbaru untuk meningkatkan kosakata para generasi muda telah dilaksanakan program Kamus Masuk Sekolah. Ini sudah dilakukan di tiga daerah yang menjadi sasaran adalah siswa sekolah menengah atas. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan serta mengedukasi cara pemanfaatan Kamus Besar Bahasa Indonesia serta Kamus Bahasa Lampung kepada siswa agar kosakata bertambah," ujarnya pula.

Dia merincikan kegiatan Kamus Masuk Sekolah itu telah dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan pada 21-22 September 2023, di Kota Metro pada 26-27 September 2023, dan Kabupaten Lampung Tengah pada 8-9 Oktober 2023.

"Selain melakukan program Kamus Masuk Sekolah dalam pengembangan produk bahasa serta sastra telah dilakukan pula inventarisasi kosakata bahasa daerah di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Mesuji, Waykanan, dan Pesisir Barat," katanya lagi.

Selanjutnya telah melakukan pula penyusunan Kamus Budaya Lampung, kemudian pemutakhiran data kosakata pada Kamus Daring Bahasa Lampung.

"Pengembangan sekaligus pemutakhiran data kosakata pada Kamus Daring Bahasa Lampung sudah dilakukan, saat ini kamus daring ini sudah dilengkapi dialek A dan O bahasa Lampung. Dengan adanya program Kamus Masuk Sekolah generasi muda diharapkan makin bisa memperkaya kosakata bahasa Lampung ataupun bahasa Indonesia mereka," ujarnya pula.
Baca juga: Lampung luncurkan kamus Bahasa Lampung lestarikan budaya