BPBD Lampung bantu 15 ribu liter air padamkan kebakaran TPA Bakung

id BPBD Lampung, bantuan suplai air, kebakaran TPA Bakung

BPBD Lampung bantu 15 ribu liter air padamkan kebakaran TPA Bakung

Kepala BPBD Lampung Rudi Syawal Sugiarto saat memberi keterangan terkait perkembangan penanganan TPA Bakung. Bandarlampung, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jadi upaya-upaya untuk membantu sudah kami coba lakukan, katanya
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung membantu menyuplai sebanyak 15 ribu liter air guna memadamkan kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bakung yang hingga saat ini masih terus berlangsung.

"Terkait kebakaran yang terjadi di TPA Bakung, BPBD Provinsi Lampung sudah melakukan beberapa upaya untuk membantu Kota Bandarlampung," ujar Kepala BPBD Provinsi Lampung Rudi Syawal Sugiarto di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan upaya terbaru yang dilakukan sebagai bentuk pengendalian peristiwa kebakaran tersebut dan hari ini telah mengirimkan sebanyak tiga unit mobil tanki penyuplai air ke lokasi kebakaran.

"Terkait penanggulangan bencana sudah dikirimkan tiga unit mobil tanki penyuplai air dengan kapasitas satu mobil sebanyak lima ribu liter. Kalau tiga unit maka ada sekitar 15 ribu liter air yang kita bantu untuk padamkan kebakaran," katanya.

Rudi melanjutkan,  selain itu telah diberikan pula bantuan sejumlah logistik yang diperlukan dalam upaya pemadaman untuk membantu BPBD Kota Bandarlampung.

"Jadi upaya-upaya untuk membantu sudah kami coba lakukan, dan sudah dibantu juga untuk melaksanakan koordinasi dengan PPK Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) water bombing tapi mereka saat ini masih menangani kebakaran TPA di Bali," ucapnya.

Menurut dia dengan adanya bantuan suplai air yang diberikan tersebut dapat membantu penanganan peristiwa kebakaran TPA Bakung yang hingga saat ini masih terus dalam proses pemadaman.

Diketahui kronologis kebakaran tempat pembuangan akhir sampah terpadat di Provinsi Lampung yang berada di Jalan Tulung Buyut, Kecamatan Teluk Betung Barat (TBB) terjadi pada Jumat (13/10) pukul 17:50 WIB.

Awal titik area terbakar berada di posisi tengah TPA, dan kini terus menyebar hingga terakhir luas lahan terbakar hampir mencapai lima hektare serta menimbulkan asap tebal yang mencemari udara sekitar.