Mandalika kembali jadi tuan rumah MotoGP di 2024

id motogp mandalika,motogp 2023,motogp 2024,mandalika

Mandalika kembali jadi tuan rumah MotoGP di 2024

Arsip - Sejumlah pembalap melaju saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Internasional Mandalika kembali terpilih untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan kompetisi balap motor internasional MotoGP musim 2024.

Dikutip dari kalender resmi MotoGP, Jumat, sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu dijadwalkan menyapa kembali para pembalap motor populer seperti Francesco Bagnaia hingga Fabio Quartararo pada 27-29 September 2024.

Ini akan menjadi kali ketiga Sirkuit Mandalika menjadi tempat para pembalap internasional bersaing memperebutkan gelar juara, setelah MotoGP pertama yang digelar pada 2022.

Miguel Oliveira (Red Bull KTM) keluar sebagai juara pada edisi tahun lalu. Sementara untuk tahun ini, MotoGP 2023 Mandalika akan bergulir pada 13–15 Oktober.

Adapun MotoGP musim 2024 dimulai di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada awal Maret. Qatar akan menjadi tempat pertama bagi ajang balap motor yang ditargetkan untuk memecahkan rekor 22 Grand Prix tersebut.

Selain itu, tahun 204 akan mengawali perjalanan MotoGP untuk bertransisi menuju penggunaan 100 persen bahan bakar berkelanjutan. Mulai tahun depan, bahan bakar harus minimal 40 persen berasal dari non-fosil sebelum meningkat menjadi 100 persen pada tahun 2027.



Kalender 2024 juga tetap bersifat regional, dengan Grand Prix yang dikelompokkan secara geografis dan sepanjang rute yang memungkinkan peningkatan efisiensi saat angkutan barang dan personel melintasi berbagai belahan dunia.

Balapan akan dibagi 11 balapan sebelum jeda musim panas, dan 11 balapan setelah jeda tersebut.

Setelah Qatar, 10 Grand Prix di paruh pertama 2024 akan berlanjut ke Algarve (Portugal), Argentina, Amerika Serikat, Jerez (Spanyol), Prancis, Catalunya (Spanyol), Mugello (Italia), Kazakhstan, Belanda, dan Jerman.

Hal menarik lain dari kalender MotoGP 2024, adalah hadirnya Sirkuit Internasional Sokol yang membuat Kazakhstan menjadi negara ke-31 di dunia yang menjadi tuan rumah kompetisi tersebut.

Selanjutnya, putaran kedua akan dimulai di Silverstone (Inggris), sebelum berlanjut ke Austria, Aragon (Spanyol), San Marino (Italia), India, Mandalika (Indonesia), Jepang, Phillip Island (Australia), Thailand, Sepang (Malaysia), dan berakhir di Valenciana (Spanyol).




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sirkuit Mandalika kembali jadi tuan rumah MotoGP pada 2024