Polisi sosialisasi tertib berlalu lintas ke pelajar di Pesisir Barat Lampung

id Pesisir Barat,Polisi sosialisasi ,Ke pelajar,polres pesisir barat

Polisi sosialisasi tertib berlalu lintas ke pelajar di Pesisir Barat Lampung

Suasana saat sejumlah petugas kepolisian melakukan sosialisasi ke pelajar. ANTARA/HO-Humas Polres Pesisir Barat

Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Barat dalam program Police Goes to School kali ini berkunjung ke MAN 1 Pesisir Barat.

Pesisir Barat (ANTARA) - Petugas kepolisian Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Barat, Polda Lampung melakukan edukasi keselamatan berkendaraan dan disiplin berlalu lintas kepada siswa-siswi MAN 1 Pesisir Barat, Kecamatan Pesisir Tengah sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendaraan di jalan raya.

"Satuan Lalu Lintas Polres Pesisir Barat dalam program Police Goes to School kali ini berkunjung ke MAN 1 Pesisir Barat Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Rabu," kata Kasat Lantas Polres Pesisir Barat, Iptu Rudy Apriansyah Unyi, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Rabu.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan Police Goes To School adalah kegiatan satlantas dalam memberikan pengarahan kepada para siswa-siswi untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

"Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dalam kesempatan ini juga kami memberikan sosialisasi bahwa Polres Pesisir Barat akan melaksanakan pembentukan Polisi Keamanan Sekolah (PKS) di sekolah yang ada di wilayah kabupaten Pesisir Barat," kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan tercapainya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

"Dan juga agar pihak sekolah dapat menyiapkan siswa dan siswinya yang akan dijadikan PKS di sekolahnya, sehingga bisa membantu tugas Polri," ujarnya pula.

"Di samping itu dalam rangka meningkatkan kamseltibcar lantas di usia dini, melalui tema Police Goes to School," katanya lagi.

Ia juga mengatakan, Kapolres Pesisir Barat akan menginisiasi pembentukan perdana Pocil atau Polisi Cilik Sat Lantas di wilayah tersebut.

"Saat ini dimulai dengan kegiatan seleksi dengan syarat siswa berprestasi 5 besar kelas 3-4 sekolah dasar, usia 9 -10 tahun, tinggi dan berat badan ideal, mendapatkan rekomendasi dari sekolah, mengenal PBB, sehat jasmani dan rohani serta ada surat keterangan orangtua," kata dia.

Program Police Goes to School ini akan dilaksanakan ke seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Pesisir Barat untuk wadah sosialisasi tentang berlalu lintas dan kamtibmas. Program tersebut disambut dengan antusias oleh siswa-siswi di MAN 1 Pesisir Barat.
Baca juga: Polres Pesisir Barat tindak 392 pelanggar saat Ops Zebra Krakatau 2023
Baca juga: Polres Pesisir Barat Lampung bagikan bantuan sosial kepada sejumlah nelayan