Dinas Kesehatan Lampung Selatan siapkan tes HIV/AIDS di seluruh puskesmas

id Lampung Selatan,HIV/AIDS ,Tes HIV

Dinas Kesehatan Lampung Selatan siapkan tes HIV/AIDS di seluruh puskesmas

Ilustrasi- Vaksin atau obat HIV/AIDS (ANTARA/HO/Internet)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, menyiapkan tes HIV/AIDS di seluruh puskesmas yang berada di wilayah itu, untuk meminimalkan penyebaran penyakit tersebut.

"Iya, seluruh Puskesmas sudah disiapkan RDT (Rapid Diagnosis Tes) HIV," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Basuki Didik Setiawan, di Kalianda, Senin.

Ia menjelaskan dengan adanya tes HIV/AIDS di puskesmas maka masyarakat bisa melakukan pemeriksaan sekaligus pengobatan HIV tersebut.

Selanjutnya Dinkes Lampung Selatan mencatat selama Januari hingga Mei tahun 2023 terdapat kasus baru HIV/AIDS sebanyak 70 kasus.

"Untuk jumlah kasus HIV atau AIDS, di Lampung Selatan dari bulan Januari hingga Mei ini ada 70 kasus," kata dia.

Ia mengatakan kasus HIV/AIDS mengalami penurunan, dimana pada tahun 2021 sebanyak 108 kasus dan 2022 sebanyak 110 kasus.

Untuk itu, kata dia, pihaknya sudah melakukan upaya untuk memutus penularan penyakit sifilis dan HIV/AIDS tersebut.

"Kami sudah melakukan skrining HIV dan sifilis dilakukan bersamaan pada populasi kunci, juga kepada ibu hamil untuk menemukan kasus sifilis dan diobati sehingga tidak menularkan kepada orang lain," katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi kepada kelompok berisiko yang rentan terhadap penyakit tersebut.

"Materi edukasinya tentang apa itu HIV/AIDS bahayanya, cara pencegahan nya, serta kami juga membagikan pengaman seks (Kondom) sebagai salah satu langkah pencegahan penyakit HIV/AIDS tersebut," ujar dia.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk khususnya remaja agar menghindari pergaulan bebas seperti seks bebas.

"Bagi yang belum menikah tidak melakukan hubungan seks dan bagi yang sudah menikah hanya melakukan hubungan seks dengan pasangannya," katanya mengimbau.