ARUS MUDIK- KAI Divre IV gelar pasukan angkutan Lebaran 2023

id Lampung, kai, divre iv, tanjungkarang, kereta, arua mudik, angleb, angleb 2023, 2023, mudik 2023

ARUS MUDIK- KAI Divre IV gelar pasukan angkutan Lebaran 2023

Sambut arus mudik, PT KAI Divre IV gelar pasukan angkutan lebaran 2023 (ANTARA/Emir F. Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2023 dipimpin oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal di Stasiun Gambir, Jumat (14/4/23).

Apel Gelar Pasukan ini juga dilaksanakan di Stasiun Tanjungkarang dipimpin oleh Plt. Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Januri. Kegiatan ini menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko Angkutan Lebaran KAI dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, KAI menetapkan periode Angkutan Lebaran selama 19 hari dari 14 April sampai 2 Mei 2023.

Plt. Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Januri mengatakan bahwa seluruh Komisaris, Direksi, dan jajaran KAI khususnya Divre IV Tanjungkarang akan melaksanakan posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan Kereta api dan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

“Pada Lebaran tahun 2023 ini, Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan Divre IV Tanjungkarang mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan,” ujar Januri.

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan prioritas terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk menjadikan mudik dengan kereta api aman dan berkesan.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, Divre IV Tanjungkarang menambah beberapa petugas prasarana meliputi Petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus).

“Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, Divre IV Tanjungkarang melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib,” ungkapnya.

Divre IV Tanjungkarang terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan bencana, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

Di samping itu, Divre IV Tanjungkarang telah memastikan keandalan sarana dan prasarana, bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan Ramp Check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan kereta api dalam kondisi prima.

“Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan,” tambahnya.

Dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 ini, Divre IV Tanjungkarang berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.

Pada Angkutan Lebaran 2023 ini ,
Divre IV Tanjungkarang menyediakan 2 frekuensi perjalanan KA Ekspres Rajabasa (1x PP) relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) dan 4 frekuensi perjalanan KA Kualastabas (2xPP) relasi Tanjungkarang-Baturaja (PP).

Untuk ketersediaan jumlah tempat duduk untuk KA Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) dan KA Kualastabas relasi Tanjungkarang -Baturaja (PP) berjumlah 49.324 tempat duduk selama masa angkutan lebaran 2023 dengan masing-masing kapasitan tempat duduk sebanyak 1.060 utk KA Rajabasa Ekspres dan 1.536 tempat duduk untuk KA Kualastabas setiap harinya.