Australia raih juara AFF U-18 Putri 2022 usai tumbangkan Vietnam 2-0

id juara AFF U-18 Putri 2022,Glora Sriwijaya Jakabaring, Timnas Australia, Timnas Vietnam

Australia raih juara AFF U-18 Putri 2022 usai tumbangkan Vietnam 2-0

Tim nasional putri Australia mengangkat tropi juara AFF U-18 Putri 2022 setelah menumbangkan perlawanan Vietnam dengan skor 0-2 tanpa balas pada partai final di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (4/8/2022). (ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Gol pengunci kemenangan bagi Australia pun tercipta melalui kaki kiri Mary Stanic yang lagi-lagi dimanjakan oleh umpan terukur dari Tegan Celia pada menit ke-60
Palembang (ANTARA) - Tim nasional putri Australia keluar sebagai juara AFF U-18 Putri 2022 setelah menumbangkan perlawanan Vietnam dengan skor 2-0 tanpa balas pada partai final di Stadion Glora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam.

Dominasi tim asuhan pelatih Reanne Maree Dower tersebut sudah kentara sejak babak pertama dimulai, mereka menggempur habis-habisan semua sisi pertahanan pemain Vietnam.

Tegan Celia sang pengatur instrumen serangan The Young Matildas tampil impresif pada laga pamungkas malam ini, hingga membuat kapten tim Vietnam Le Thi Bao Tram ketar-ketir menjaganya.

Pemain bernomor punggung 5 tersebut berkali-kali sukses memberikan umpan manis pada Ella O’Grady dan Sienna Saveska di lini depan yang mengancam gawang Vietnam yang dijaga Ngunyen Phuong Thao dari sisi sayap kanan.

Hingga setidaknya pada percobaan keenam kalinya, umpan yang disodorkan Tegan Celia berhasil dikonversi menjadi gol pada menit ke-38 oleh sepakan kaki kanan Sienna Saveska yang lepas dari pengawalan dalam kotak penalti Vietnam.

Gol pemain termuda dalam skuad timnas Australia itu menutup babak pertama dengan keunggulan bagi timnya.