Korea Utara diduga luncurkan proyektil rudal balistik

id korut,rudal

Korea Utara diduga luncurkan proyektil rudal balistik

Sebuah pemandangan menunjukkan tampak seperti rudal menghantam target di lepas pantai timur Korea Utara, di Korea Utara, dalam foto yang dirilis Jumat (14/1/2022) oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA). ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/WSJ/sad. (via REUTERS/KCNA)

Seoul (ANTARA) - Korea Utara pada Senin menembakkan sesuatu yang diduga sebuah rudal balistik, kata penjaga pantai Jepang.

Insiden itu menjadi kali ke empat bulan ini ketika Pyongyang terus memperbarui kemampuan militernya di tengah pembicaraan yang mandek dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Militer Korsel juga melaporkan bahwa Korut telah menembakkan sebuah "proyektil tak dikenal" ke arah samudra dari pantai timurnya.

Sejak pergantian tahun, Korut telah melakukan tiga kali pengujian, frekuensi tes persenjataan yang tidak biasa.

Dua dari pengujian itu melibatkan "rudal hipersonik" tunggal yang memiliki kecepatan tinggi dan kemampuan manuver.

Satu pengujian lainnya digelar Jumat lalu yang melibatkan sepasang rudal balistik jarak dekat (SRBM) yang diluncurkan dari gerbong kereta api.

Belum diketahui rudal jenis apa yang ditembakkan pada Senin.

Serangkaian peluncuran itu mendorong pemerintah Presiden AS Joe Biden untuk menjatuhkan sanksi pertamanya bagi Pyongyang pada Rabu dan menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk mencekal sejumlah individu dan entitas Korut.

Korut telah membela uji coba rudalnya itu sebagai hak berdaulat untuk mempertahankan diri dan menuduh AS sengaja memanaskan situasi dengan sanksi-sanksi baru.

Sumber: Reuters

 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022