Kabupaten Lampung Selatan sabet dua penghargaan dari Kementerian PPPA

id lampung, lampung selatan, lamsel

Kabupaten Lampung Selatan sabet dua penghargaan dari Kementerian PPPA

Kabupaten Lampung Selatan sabet dua penghargaan dari Kementerian PPPA (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

Penghargaan ini semua hasil kerja gotong royong seperti yang sering digalakkan oleh pimpinan kita pak bupati. Tanpa adanya kerja sama kita nggak ada apa-apa, nggak bisa, kata Anasrullah

Bandarlampung (ANTARA) - Kabupaten Lampung Selatan kembali berhasil meraih dua penghargaan bergengsi di tingkat nasional, kali ini penghargaan datang dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.



Kepala Dinas PPPA Kabupaten Lampung Selatan Anasrullah mengatakan, penghargaan pertama diberikan kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebagai Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman PAUD Tunas Ceria, Desa Jati Baru, Kecamatan Tanjung Bintang Tahun 2019. 



“Lampung Selatan mendapat predikat yang terbaik untuk kategori RBRA yang disertifikasi tahun 2020. Kemarin kan ada audit ulang bulan Oktober, kita direview lagi, bagaimana keadaan sekarang. Alhamdulillah predikatnya nggak turun,” ujar Anas, Rabu (24/11).



Kemudian, lanjut Anasrullah, penghargaan yang kedua diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama Tahun 2021. Penghargaan ini berhasil bertahan untuk yang ke-4 kalinya. 



“Kita masih yang Pratama, ini penilaian tahun 2019-2020. Memang pelaksanaannya tahun 2021, mudah-mudahan ke depan bisa naik lagi, minimal satu tingkat,” katanya. 



Ia mengungkapkan, tercetusnya RBRA Taman PAUD Tunas Ceria tersebut, juga tidak luput dari peran serta masyarakat sekitar dan turut didukung pula oleh Dyah Atik Citra Rukmi sebagai Pengelola RBRA. 



“RBRA Taman PAUD Tunas Ceria ini atas inisiasi dari masyarakat yang menginginkan tempat bermain yang aman untuk anak-anak yang ada di sana. Pengelolanya ibu Dyah Atik Citra Rukmi ini menghibahkan dan menjadikan tempat bermain gratis untuk umum, bukan hanya anak yang sekolah di sana,” ucapnya. 



Anasrullah juga mengatakan, raihan prestasi tersebut didapatkan berkat kerja sama dari seluruh stakeholder terkait dalam mendukung terwujudnya pemenuhan hak anak di Kabupaten Lampung Selatan. 



“Penghargaan ini semua hasil kerja gotong royong seperti yang sering digalakkan oleh pimpinan kita pak bupati. Tanpa adanya kerja sama kita nggak ada apa-apa, nggak bisa,” kata Anasrullah.



Sementara, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengaku bangga dan turut memberikan selamat kepada Kabupaten Lampung Selatan atas berbagai prestasi yang telah berhasil diraih dari Kementerian PPPA.



“Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Lampung Selatan, khususnya kepada Kepala Dinas PPPA atas raihan prestasi yang luar biasa. Ini mendapat penghargaan sebagai Pelopor RBRA di Lampung Selatan dan juga KLA Kategori Pratama,” kata Nanang. 



Namun demikian, Nanang mengingatkan, penghargaan tersebut merupakan sebuah tantangan bagi Lampung Selatan agar ke depannya dapat terus meningkatkan prestasi menjadi lebih baik lagi. 



“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran, terutama Dinas PPPA. Saya ucapkan terima kasih. Pertahankan terus dan mudah-mudahan kedepan dapat lebih baik lagi,” imbuh Nanang.



Nanang juga berharap, kedepan akan terdapat RBRA di seluruh desa di 17 kecamatan di Bumi Khagom Mufakat, sehingga pemenuhan hak anak dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Kabupaten Lampung Selatan. 



“Mudah-mudahan di 17 Kecamatan, di desa-desa akan ada ruang bermain anak terutama yang ramah anak,” tutup Nanang.



 

Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021