Polres Sibolga atisipasi penyebaran COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru

id Sibolga

Polres Sibolga atisipasi penyebaran COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru

Kapolres Sibolga AKBP Taryono saat memimpin rapat koordinasi bersama Pemkot Sibolga dan Tim Gugus Tugas COVID-19 Sibolga serta instansi terkait untuk mengantisipasi mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kota Sibolga. (ANTARA/HO)

Sibolga, Sumut (ANTARA) - Polres Sibolga, Sumatera Utara, menyiapkan sejumlah langkah atisipasi penyebaran COVID-19 saat Natal dan Tahun Baru 2022 di Kota Sibolga dan kawasan penyeberangan ke Pulau Nias.

Kapolres Sibolga AKBP Taryono di Sibolga, Jumat, mengatakan, pihaknya bersama Pemkot Sibolga dan Tim Gugus Tugas COVID-19 Sibolga serta instansi terkait telah menggelar rapat koordinasi untuk mengantisipasi mudik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kota Sibolga.

Dalam rapat koordinasi itu dipersiapkan beberapa langkah sebagai bentuk antisipasi klaster baru COVID-19 saat terjadi arus mudik ke Sibolga dan juga ke Pulau Nias yang transit di Pelabuhan Sibolga.

Sejumlah langkah yang dipersiapkan antara lain menyiapkan pos pelayanan di terminal dan juga di Pelabuhan ASP dan Pelabuhan Pelindo Sibolga, menyiapkan sarana protokol kesehatan di Pelabuhan penyeberangan yang ada di Kota Sibolga.

Serta membatasi kapasitas penumpang dan penerapan prokes COVID-19 yang ketat pada saat melakukan penyeberangan dari Sibolga-Nias dan sebaliknya, demikian juga dengan masalah vaksinasi yang belum ter-"upload" di aplikasi,

Kapolres meminta agar bersama-sama mencari solusi terkait permasalahan itu, karena nantinya dapat terdampak bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan.

Dalam rapat itu juga terungkap bahwa animo masyarakat Sibolga berkurang untuk pelaksanaan vaksinasi.

Untuk itu Kapolres meminta juga, agar Pemkot Sibolga membuat tim sensus/verifikasi di tingkat kelurahan dan kecamatan sehingga memudahkan petugas nantinya dalam mendata masyarakat 12 tahun ke atas yang sudah dan yang belum divaksin.

Sementara Sekdakot Sibolga, Yusuf Batubara, mengatakan, sinerginitas pengamanan TNI-Polri dan Tim Satgas COVID-19 semakin ditingkatkan seperti tahun sebelumnya.

Mengingat Pelabuhan Sibolga menjadi tempat transit menuju Pulau Nias, dibutuhkan sinerginitas yang mantap.

Untuk kegiatan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan, Sekda menyebutkan, akan dilakukan penekanan dan pengetatan kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Uploader : ANgga Pramana