Wali Kota Medan minta BPBD fokus tangani banjir

id Medan

Wali Kota Medan minta BPBD fokus tangani banjir

Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu menyerangkan peralatan kebersihan. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat fokus mengantisipasi dan menangani bencana banjir di daerah ini.

"Bersama kita berusaha cegah dan tangani banjir. Tinggi genangan, luas genangan, dan intensitas genangan air harus bisa kita tekan. Keselamatan masyarakat tetap nomor satu," ucap Bobby di Medan, Ahad.

Hal itu ditegaskannya usai menjadi pembina apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Kota Medan 2021 di Danau Siombak, Jalan Nippon, Medan Marelan.

Wali kota mengingatkan pentingnya deteksi dini penanganan bencana dengan menerima informasi kemungkinan curah hujan yang turun semakin tinggi di suatu wilayah.

Dalam apel diikuti Kepala BPBD Kota Medan, Husni, unsur Forkopimda, Tagana, Pramuka dan relawan kebencanaan itu, wali kota meminta peringatan HKB ini bukan sekedar seremoni.

"Tapi kita maknai tema ini dengan perbuatan nyata. Persiapkan diri, dan edukasi masyarakat agar tanggap bencana," tegas Bobby.  

"Tema peringatan HKB tahun ini 'siap untuk selamat, kita jaga alam jaga kita' hendaknya dihayati dan diterapkan dalam tindakan," kata Wali Kota Bobby.

Wali Kota Medan Bobby Nasution yang didampingi istri Kahiyang Ayu di perhelatan kegiatan HKB Kota Medan 2021 tersebut sempat menyerahkan bantuan peralatan kebersihan.

Kegiatan HKB ini diisi di antaranya gotong-royong membersihkan dan mengangkat sampah dari Danau Siombak dengan mengerahkan puluhan perahu karet. 

Uploader : Angga Pramana