ANTARA harus menjadi lokomotif perubahan

id hut antara,kantor berita antara,universitas jambi

ANTARA harus menjadi lokomotif perubahan

LKBN ANTARA merayakan ulang tahun ke-83 pada 13 Desember 2020. (ANTARA)

Jamb (ANTARA) - Rektor Universitas Jambi Prof Drs H Sutrisno mengatakan bahwa Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA harus bisa menjadi lokomotif perubahan.

"Semoga tetap menjadi lokomotif perubahan zaman melalui sebaran informasi yang mencerahkan," kata Prof Sutrisno didampingi Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa peran ANTARA sebagai rujukan bagi media massa dan masyarakat Indonesia harus dipertahankan pada masa masyarakat menghadapi serbuan informasi dari berbagai platform media sosial seperti sekarang.

Media massa yang menyajikan hasil-hasil kerja jurnalistik seperti ANTARA, menurut dia, dibutuhkan sebagai rujukan warga untuk mendapatkan informasi yang benar dan akurat.

Dia juga berharap ANTARA terus mendukung penyebaran informasi mengenai pendidikan dan riset kepada kepada masyarakat.

Kantor Berita ANTARA dibentuk oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar, dan Pandoe Kartawigoena pada 13 Desember 1937, ketika para pemuda pejuang menggelorakan semangat untuk mencapai kemerdekaan nasional. ANTARA menyiarkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Saat ini ANTARA memiliki 34 kantor biro dan kantor perwakilan di ibu kota provinsi serta kabupaten/kota serta tiga kantor biro dan perwakilan di luar negeri.