Dua prajurit TNI terbaik gugur dalam tugas di Papua

id Tni, lampung,kkb papua

Dua prajurit TNI terbaik gugur dalam tugas di Papua

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria. (ANTARA/HO)

Bersama-sama membangun Papua dengan penuh kedamaian
Bandarlampung (ANTARA) - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Kabupaten Intan Jaya Propinsi Papua, sehingga menyebabkan gugurnya dua prajurit Bawah Kendali Operasi (BKO) Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/9), menjelaskan telah terjadi penyerangan Pos Koramil Persiapan Distrik Hitadipa di Kabupaten Intan Jaya, Papua, dan dalam peristiwa ini mengakibatkan gugurnya salah satu anggota BKO Koramil Persiapan, Pratu Dwi Akbar Utomo karena luka tembak.

Reza menjelaskan bahwa keberadaan satuan BKO koramil dan kodim persiapan merupakan suatu upaya dari pimpinan TNI AD untuk mempersiapkan berdirinya koramil dan kodim di tengah keterbatasan jumlah personel TNI di Papua, sedangkan tugas pokok dari koramil dan kodim tersebut adalah membantu pemerintah daerah melalui pembinaan teritorial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta percepatan pembangunan di wilayah Papua .

Kapendam menjelaskan, sebelumnya juga terjadi dua aksi yang dilakukan oleh KKB, Kamis (17/9), anggota KKB membacok pengemudi ojek bernama Badawi dengan menggunakan parang hingga meninggal di lokasi kejadian pada pukul 10.50 WIT. Peristiwa kedua terjadi pada pukul 14.20 WIT, KKB menghadang anggota BKO Koramil Persiapan yang sedang membawa logistik bernama Serka Sahlan, peristiwa tersebut mengakibatkan Serka Sahlan gugur karena luka tembak.

Kapendam menyayangkan kejadian tersebut, serta berharap kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah Papua untuk bersama-sama membangun Papua dengan penuh kedamaian, untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Papua.
Baca juga: Satgas operasi buru KKB penembak anggota Gugus Tugas COVID-19 Papua
Baca juga: Dua tenaga medis ditembak KKB di Wandai, seorang tewas
Baca juga: Mahfud undang Polri dan TNI bahas Papua