Mahfud undang Polri dan TNI bahas Papua

id mahfud md, papua, kkb, kelompok kriminal bersenjata

Mahfud undang Polri dan TNI bahas Papua

Menko Polhukam Mahfud MD (Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD akan mengundang pimpinan Polri, TNI, dan seluruh jajaran terkait untuk membahas situasi dan kondisi terkini di Papua pada Selasa, 10 Maret 2020.

"Besok saya mengundang Polri, kejaksaan, TNI, serta semua kementerian dan lembaga terkait ke sini (Kantor Kemenko Polhukam)," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan Mahfud menanggapi maraknya aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, termasuk penyerangan terhadap Pos Koramil Jila Mimika, Papua, Senin (9/3).



Menanggapi aksi KKB, Mahfud menjelaskan secara prosedural aparat keamanan, baik TNI maupun Polri sudah bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan.

"Secara prosedural sudah ada SOP-nya, ya. Aparat keamanan sudah bekerja di sana, pemerintah sudah bekerja, tapi secara lebih detail penanganan besok masih akan ada rapat di Kemenko Polhukam," katanya.

Rencananya, rapat dengan berbagai kementerian terkait untuk membahas situasi di Papua akan berlangsung di Kemenko Polhukam sekitar pukul 09.30 WIB.



Sebelumnya, KKB melakukan serangkaian aksi penyerangan, seperti di Polsek Tembagapura, Papua, Senin (2/3), yang menyebabkan seorang anggota polisi terluka.

Penyerangan Kantor Polsek Tembagapura, terjadi sekitar pukul 13.00 WIT yang dilaporkan berasal dari arah perbukitan yang berada di belakang kantor polisi dengan tembakan yang membabi buta.

Masyarakat di pegunungan Timika juga dilaporkan resah dengan ulah KKB yang meneror warga sehingga ratusan warga meminta perlindungan aparat dan telah diungsikan ke kota.



Pada Senin (9/3), KKB kembali melakukan aksi penyerangan dan penembakan terhadap Pos Koramil Jila Mimika, Papua.

Atas insiden itu, seorang prajurit TNI, yakni Sersan Satu La Ongge dilaporkan gugur setelah tertembak.