Gubernur Lampung minta masyarakat disiplin patuhi protokol kesehatan

id gubernur lampung arinal, kasus covid-19, protokol kesehatan

Gubernur Lampung minta masyarakat disiplin patuhi protokol kesehatan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (tengah) (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 di daerah setempat.

"Guna mencegah penularan COVID-19, maka diperlukan upaya pendisiplinan protokol kesehatan di masyarakat, di antaranya pembuatan regulasi dan sanksi," kata dia di Bandarlampung,  Selasa. 

Selain itu, lanjutnya, akan dilakukan pembentukan tim penegakan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan sampai dengan tingkat rukun tetangga, penyiapan sarana dan prasarana di pelayanan publik dan edukasi kultural (etnografi).

Kemudian,  pemberdayaan masyarakat dengan metode dari bawah ke atas yang dimulai dari level ketua RT, penguatan kelompok masyarakat dan jejaring, sosialisasi/kampanye protokol kesehatan di masyarakat melalui semua kanal informasi baik elektronik maupun non elektronik.

"Monitoring evaluasi khususnya di tempat pelayanan publik dan tempat-tempat umum oleh tim penegakan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan masyarakat," ujar Gubernur Arinal.

Terkait upaya penanganan COVID-19, Arinal menjelaskan yang dilakukan di antaranya dengan melakukan penurunan potensi penularan dengan penemuan dini; peningkatan kapasitas dini sistem pelayanan kesehatan;  promotif dan preventif melalui pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat oleh semua pihak.

Serta penyusunan standar operasional prosedur untuk tempat-tempat yang melaksanakan aktivitas pelayanan publik.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Senin (3/8) menyebutkan telah terjadi penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung sebanyak 26.

Dengan demikian, kasus konfirmasi COVID-19 Provinsi Lampung sampai Senin jumlah totalnya menjadi 297 kasus.