Gubernur Lampung ingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas

id gubernur lampung arinal, salat idul adha, protokol kesehatan, hewan kurban

Gubernur Lampung ingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada ibadah Salat Idul Adha 1441 Hijriah (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas termasuk pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi. 

"Penerapan protokol kesehatan dilakukan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak. Bahkan saat masyarakat yang melaksanakan salat Id, dilakukan pemeriksaan suhu terlebih dahulu," kata Arinal,  di Bandarlampung,  Jumat.

Ia mengatakan bahwa kasus pandemi COVID-19 telah menyebar keseluruh dunia,  termasuk Indonesia.

Penyebaran COVID-19, lanjutnya cukup masif sehingga perlu penanganan yang maksimal. 

"Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini, " tambahnya. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama keluarga dan umat muslim lainnya melaksanakan ibadah Salat Idul Adha di di Halaman ABC PKOR Way Halim, Bandarlampung.

$Semoga hari raya ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT di tengah pandemi COVID-19 ini," ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, Hari Raya Idul Adha yang lebih dikenal dengan hari raya  kurban erat kaitanya dengan pelaksanaan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam yang ke-5, serta merupakan ajaran formal yang ditetapkan bahwa ibadah tersebut harus ditunaikan di Mekah pada waktu yang telah ditetapkan. 

"Ibadah haji sejatinya merupakan langkah kembali menuju rumah Allah SWT. Karena itu ibadah haji dapat dikatakan sebagai perjalanan pulang menuju kampung rohani," jelas Gubernur Arinal.

Sementara itu, Ustad Abdullah Kafy Hamdan, selaku Khotib, menyampaikan bahwa pandemi COVID-19 telah melanda diseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Bahkan di Indonesia lebih dari 4.900 jiwa telah meninggal akibat pandemi COVID-19.

"Wabah COVID-19 ini,  mengingatkan bahwa manusia adalah makhluk yang sangat lemah," tambahnya.  

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyerahkan kurban dua ekor sapi untuk keluarga besar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.





 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar