Mentan Syahrul Yasin Limpo dukung Lampung sebagai daerah lumbung ternak

id mentan syahrul yasin limpo, gubernur Lampung arinal, lumbung ternak,ternak lampung

Mentan Syahrul Yasin Limpo dukung Lampung sebagai daerah lumbung ternak

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (ANTARA/HO)

...saya yakin Lampung akan menjadi percontohan pertanian di Indonesia, begitu juga dengan peternakannya
Metro (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mendukung penuh Pemerintah Provinsi Lampung untuk mewujudkan daerah ini sebagai lumbung ternak nasional.

"Saya yakin dengan segenap sumber daya alam dan potensi yang dimiliki, Lampung dapat menjadi lumbung ternak nasional. Dan saya siap dukung dan membantu niat dan tekad Pak Gubernur Arinal dalam mewujudkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional," ujar Mentan, saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pengembangbiakan sapi berbasis bahan baku lokal, di PT Superindo Utama Jaya (SUJ), Kelurahan Banjarsari, Metro Utara, Kota Metro, Jumat.

Mentan Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi langsung melakukan peninjauan kandang pengembangbiakan dan penggemukan sapi, serta pengembangan produksi susu sapi perah yang sehat.

Menteri Syahrul menjelaskan bahwa Indonesia dan daerah Lampung merupakan negara dan daerah yang sangat menjanjikan kesejahteraan bagi kehidupan rakyatnya, dikarenakan sumber daya alam (SDA) dan potensinya yang begitu besar. 

"Dengan memiliki sumber daya alam dan potensi yang dimiliki, saya yakin Lampung akan menjadi percontohan pertanian di Indonesia, begitu juga dengan peternakannya. Alamnya menjanjikan, rakyatnya banyak, tinggal memperkuat manajemennya," ujarnya pula. 

Mentan juga menjelaskan bahwa saat ini dunia mengalami kesulitan di berbagai sektor. Namun, harus diyakini kalau makanan bisa terjamin, maka berbagai tantangan akan bisa dihadapi. 

"Kita sangat support Pak Gubernur dalam menjadikan Lampung sebagai lumbung ternak nasional. Saya mau sepuluh kali lipat dari apa yang ada di sini, dan saya siap bantu. Perbankan juga akan membantu saya melalui KUR-nya," katanya lagi.
Baca juga: Gubernur Lampung optimistis daerahnya jadi lumbung ternak nasional


Lebih lanjut, Menteri Syahrul menuturkan bahwa Lampung sudah memiliki pasarnya. Selain itu, Lampung juga sudah memiliki pakan ternaknya sendiri, jadi sudah tidak ada alasan lagi tak didukung. 

"Oleh karena itu, peternakan ini sangat menjanjikan untuk menyejahterakan rakyat. Apa pun yang Pak Gubernur Arinal arahkan, sepanjang itu untuk kebaikan rakyat, maka saya siap dukung," ujar Menteri Syahrul.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi optimistis bahwa Lampung akan menjadi lumbung ternak nasional. 

"Di PT Superindo ini kita dapat melakukan pengembangan ternak sapi, dan ini dapat dikembangkan kepada petani melalui KUR. Dan saya yakin Lampung akan menjadi lumbung ternak nasional," ujar Gubernur Arinal.

Dalam memenuhi pakan ternak, Gubernur Arinal, menuturkan bahwa dirinya bekerja sama dengan perguruan tinggi telah menemukan bahan pakan ternak dari singkong. 

"Dengan pakan ini, petani tidak perlu memerlukan biaya mahal, dan sudah dibuktikan bahwa makanan ini disukai ternak," katanya pula.
Baca juga: Arinal : Lampung miliki potensi besar untuk perkebunan dan ternak nasional