Mentan : Daripada rakyat kelaparan, lebih baik COVID-19 dihadapi

id Mentan

Mentan : Daripada rakyat kelaparan, lebih baik COVID-19 dihadapi

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (memakai baju hitam) melihat penggemukan sapi di PT SUJ, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, Jumat (19/6). (Antara Lampung/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan sengaja melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung bersama rombongan saat pandemi COVID-19 untuk memastikan ketersediaan pangan agar masyarakat Indonesia tidak kelaparan. 

"Maaf pak Gubernur, pak Danrem, pak Kapolda, saya turun membawa rombongan yang banyak meskipun masih dalam pandemi COVID-19. Tetapi lebih baik COVID-19 kita hadapi daripada rakyat kelaparan," kata Mentan saat meninjau penggemukan sapi di PT SUJ, Kota Metro, Lampung, Jumat. 

Dikatakannya, saat masa pandemi COVID-19 ini, ketersediaan pangan sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya sengaja turun untuk memastikan ketersediaan pangan aman. 

"Kalau makanan bisa terjamin, tantangan bisa kita hadapi. Rakyat ingin kehadiran negara di saat ini. Maka itu saya turun. Saya mau masyarakat Lampung mengatakan tidak ada masalah dengan makanan yang ada," paparnya. 

Hal ini, lanjut dia, juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yang ingin semua menteri di Kabinet Indonesia Maju turun ke lapangan untuk melihat apakah rakyat Indonesia kelaparan saat pandemi COVID-19. 

Ia menambahkan, namun saat melakukan kunjungan pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, jangan berkerumun atau menjaga jarak, dan lainnya. 

"Tapi ingat ini sudah normal baru, jaga diri masing-masing. Terapkan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan lainya. Itu salah satu antivirus kita," tambahnya.