Bank Dunia perkirakan ekonomi global susut 5,2 persen pada 2020

id bank dunia,pertumbuhan ekonomi,ekonomi global,dampak covid 19

Bank Dunia perkirakan ekonomi global susut 5,2 persen pada 2020

Logo Bank Dunia. ANTARA/Dok. Bank Dunia/am.

Washington (ANTARA) - Ekonomi global berada di jalur untuk menyusut sebesar 5,2 persen tahun ini di tengah pandemi COVID-19, resesi terdalam sejak Perang Dunia Kedua, Kelompok Bank Dunia mengatakan dalam Prospek Ekonomi Global terbaru yang dirilis pada Senin (8/6/2020).

Aktivitas ekonomi di negara maju diperkirakan akan berkontraksi 7,0 persen pada 2020 karena permintaan dan pasokan, perdagangan, dan keuangan dalam negeri sangat terganggu, kata laporan itu. Ekonomi AS diproyeksikan menyusut sebesar 6,1 persen tahun ini, sementara Kawasan Euro bisa melihat kontraksi 9,1 persen.

Sementara itu, emerging markets dan ekonomi-ekonomi berkembang (EMDE) diperkirakan berkontraksi sebesar 2,5 persen tahun ini, "kontraksi pertama mereka sebagai sebuah kelompok setidaknya dalam enam puluh tahun," menurut laporan itu. Aktivitas ekonomi di Amerika Latin dan Karibia, khususnya, bisa turun 7,2 persen pada 2020.

Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik diproyeksikan turun menjadi 0,5 persen pada 2020, satu-satunya wilayah yang dapat melihat pertumbuhan tahun ini, kata laporan itu. Ekonomi China diperkirakan akan tumbuh sebesar satu persen tahun ini.

Bank Dunia mengatakan pendapatan per kapita diperkirakan turun 3,6 persen, yang akan membawa jutaan orang ke dalam kemiskinan ekstrem tahun ini.

"Ini adalah pandangan yang sangat serius, dengan krisis yang cenderung meninggalkan bekas luka jangka panjang dan menimbulkan tantangan global yang besar," kata Wakil Presiden Kelompok Bank Dunia untuk Pertumbuhan, Keuangan, dan Lembaga yang Adil, Ceyla Pazarbasioglu.

Laporan itu juga mencatat bahwa pukulan itu paling keras terjadi di negara-negara di mana epidemi Virus Corona adalah yang paling parah dan di mana ada ketergantungan besar pada perdagangan global, pariwisata, ekspor komoditas, dan pembiayaan eksternal.