Pasien COVID-19 yang sembuh di Papua meningkat jadi 110 orang

id pasien sembuh di papua

Pasien COVID-19 yang sembuh di Papua meningkat jadi 110 orang

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Papua Dr. Silwanus Sumule. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Papua menyatakan jumlah warga yang sembuh saat ini meningkat menjadi 110 orang.
 
"Benar terjadi penambahan jumlah pasien sembuh yang sebelumnya dirawat karena positif COVID-19.Sebelumnya yakni Sabtu (16/5) jumlah yang sembuh 89 orang kemudian melonjak bertambah jadi 106 pada Minggu (17/5). Mudah-mudahan jumlah pasien yang sembuh terus bertambah," ucap Jubir Penanganan COVID-19 Papua dr. Silwanus Sumule di Jayapura, Senin.
 
Diakui, saat ini jumlah warga yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 438 orang dan dari jumlah tersebut 321 diantaranya dirawat disejumlah rumah sakit.

Tercatat ada 16 dari 45 runah sakit di Papua yang menjadi rujukan untuk penanganan COVID-19 di Papua dan terbanyak di Kota Jayapura.

Jumlah ODP saat ini 2.998 orang yang tersebar di 25 kabupaten dan kota, kata Sumule seraya menambahkan PDP sebanyak 500 orang yang tersebar di delapan kabupaten dan kota.

Ketika ditanya penyebab terus bertambahnya jumlah warga yang positif, Sumule yang juga menjabat Sekdis Kesehatan Papua mengaku, itu diperoleh dari hasil pemeriksaan PCR terhadap warga yang reaktif saat pemeriksaan rapid test.

Petugas medis dilapangan terus melakukan tracking terhadap keluarga atau warga disekitar pasien positif COVID-19.

Bila ada yang dicurigai maka mereka diminta untuk melakukan rapid test dan bila hasilnya reaktif maka akan dilakukan pemeriksaan PCR, jelas dr. Sumule.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar