Gubernur Lampung lantik Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan

id gubernur arinal, nanang ermanto, pelantikan bupati lamsel

Gubernur Lampung lantik Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Nanang Ermanto jadi Bupati Lampung Selatan (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan sisa masa jabatan tahun 2016-2021.

Pelantikan tersebut dihadiri undangan terbatas dan dilakukan secara live streaming melalui chanel youtube Pemprov Lampung, Selasa. 

Pengangkatan Nanang Ermanto itu berdasarkan SK Mendagri nomor 131.18-766 tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Selatan.

Gubernur dalam kesempatan itu mengatakan, meskipun dalam suasana wabah corona, namun pelantikan ini wajib dilaksanakan karena merupakan pelaksanaan dari undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Pemilihan WaliKota dan Wakil Wali Kota dalam pasal 173 huruf C ayat 1.

Pengangkatan ini, lanjut dia,  mengingat Bupati Lampung Selatan, Zainuddin Hasan, diberhentikan karena dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang secara bersama-sama berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 113/pidsus 2020 tanggal 28 Januari 2020 dan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.18-323 tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan.