Pengamat : Kekuatan pasar domestik penting jaga stabilitas ekonomi Lampung

id ekonomi lampung 2020,perekonomian stabil

Pengamat : Kekuatan pasar domestik penting jaga stabilitas ekonomi Lampung

Lada salah satu komoditas unggulan Lampung yang perlu kembali dikembangkan, (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Pengamat ekonomi Universitas Lampung Asrian Hendi Cahyadi mengatakan bahwa menjaga kekuatan pasar domestik penting dilakukan untuk mempertahankan stabilitas perekonomian Lampung di tahun 2020.

"Lampung sebagai pemasok sejumlah komoditas pertanian utama secara nasional, seperti padi, singkong, jagung, kopi, lada, perlu mempertahankan kekuatan pasar domestik yang dimiliki agar perekonomian Lampung di tahun 2020 tetap stabil," ujar pengamat ekonomi Universitas Lampung, Asrian Hendi Cahyadi, saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, perekonomian Lampung akan terus stabil bila kekuatan pasar domestik terus dijaga, dan pengembangan komoditas unggulan Lampung terus dilakukan secara berkesinambungan.

"Lampung memiliki komoditas unggulan seperti kopi, lada, kakao, semua harus dijaga serta dikembangkan dengan memanfaatkan berbagai kemudahan akses transportasi yang dimiliki agar dapat menopang perekonomian Lampung," katanya.

Menurutnya, perekonomian Lampung dalam beberapa tahun terakhir mampu bertahan menghadapi gejolak perekonomian global, yang terlihat naiknya pertubuhan ekonomi Lampung pada tahun 2019.

"Pertumbuhan ekonomi Lampung beberapa tahun belakangan meningkat, namun tidak dipungkiri kenaikan harga dunia atas beberapa komoditas sempat berdampak pada masyarakat terutama petani," ujarnya.

Perekonomian Lampung diperkirakan akan terus bertumbuh di kisaran 5,3 hingga 5,7 persen pada tahun 2020 di tengah berbagai ancaman inflasi akibat bencana alam serta tidak stabilnya perekonomian global.

"Lampung telah memiliki akses transportasi yang baik, sektor pariwisata yang terus bertumbuh, dan memiliki kekayaan komoditas asli, sehingga diharapkan kekuatan pasar domestik akan terus terjaga agar kesejahteraan masyarakat
terjamin melalui stabilnya perekonomian Lampung di tengah berbagai gejolak ekonomi global," katanya.

Baca juga: BI prediksi ekonomi Lampung tumbuh 5,3 persen pada 2020