Karangan bunga untuk Aristides Katoppo terus berdatangan

id Aristides,Aristides katoppo,Tides,AJI

Karangan bunga untuk Aristides Katoppo terus berdatangan

Seorang pelayat melintas di samping karangan bunga duka cita atas meninggalnya Aristides Katoppo dari Presiden RI Joko Widodo di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (29/9/2019). ANTARA/Zuhdiar Laeis

Jakarta (ANTARA) - Karangan bunga turut berduka cita atas wafatnya tokoh pers senior Aristides Katoppo terus berdatangan di Rumah Duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Deretan karangan bunga duka cita berjejer rapi di sekitar lokasi, Minggu malam, di antaranya dari Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Para pelayat juga terus berdatangan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto untuk melayat salah satu pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI) itu.

Sejumlah tokoh nasional terlihat melayat, antara lain mantan Deputi Senior BI Miranda Goeltom, politikus senior Panda Nababan 
dan mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta.



Aristides meninggal dunia pada usia 81 tahun, Minggu, 29 September 2019, pukul 12.05 WIB di RS Abdi Waluyo. Jenazahnya saat ini disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut Judistira Katoppo, putra sulung Aristides, ayahandanya memang pernah menjalani operasi "by pass" jantung pada 1995.

Namun, kata Jura, sapaan akrab Judistira, sakit ayahandanya kali ini hingga meninggal dunia tidak mengeluhkan soal jantung, melainkan kakinya hingga harus dirawat di RS Abdi Waluyo.

Jura mengaku ayahandanya ingin jenazahnya dikremasi, sebagaimana ibunda dan dua adiknya yang telah meninggal, kemudian abunya ditabur di gunung.

"Dulu dia sering bilang. Adik dan ibu saya sudah meninggal, semuanya dikremasi dan dilarung. Mungkin itu yang kita mau lakukan, yang pasti kita kremasi," katanya.



Jurnalis kelahiran Tomohon, Sulawesi Utara, 14 Maret 1938 yang dikenal berani pada era Orde Baru itu memiliki tiga anak dari perkawinan pertamanya.

Istri pertama dan dua anaknya sudah meninggal dunia. Tides kemudian menikah lagi dan memiliki dua anak tiri.

Rencananya, jenazah Aristides dikremasi pada Selasa, 1 Oktober 2019, di Oasis Lestari, Tangerang, Banten.