Perbedaan Ballon d'Or dan The Best milik FIFA

id Ballon d'Or,FIFA The Best,Lionel Messi,Cristiano Ronaldo,Virgil van Dijk

Perbedaan Ballon d'Or dan The Best milik FIFA

Penghargaan FIFA's The Best. (fifa.com)

Jakarta (ANTARA) - Sepak bola adalah olahraga tim dan menjuarai sebuah trofi adalah hasil dari upaya kolektif, tetapi performa individu juga sering kali menuai banyak pujian.

Setiap tahun, para pemain terbaik di dunia bersaing untuk mendapatkan penghargaan sebagai bintang top dalam sepak bola. Misalnya, ada penghargaan untuk pencetak gol terbanyak sedangkan penjaga gawang dipuji karena berhasil clean sheet.

Namun, pemain yang memberikan pengaruh paling besar pada tim mereka dan memiliki dampak paling luar biasa untuk olahraga ini berhak menerima penghargaan individu tertinggi.

Di dunia sepak bola ada dua penghargaan individu utama yang dianggap tertinggi, yaitu Ballon d'Or dan FIFA's The Best (Pemain Terbaik Dunia).

Perbedaan Ballon d'Or dan FIFA's The Best

Ada sejumlah perbedaan antara dua penghargaan tersebut yang membedakan Ballon d'Or dan The Best dari satu sama lain.

Ballon d'Or diselenggarakan oleh majalah France Football, sedangkan badan sepak bola dunia FIFA bertanggung jawab atas penghargaan The Best.

Periode waktu penilaian para pemain juga berbeda. Sementara Ballon d'Or menilai performa pemain selama tahun kalender, The Best justru menilai pemain selama semusim, jadi dari musim panas ke musim panas.

Dengan demikian, penghargaan tersebut diberikan pada waktu yang berbeda dalam setahun. Upacara penghargaan Ballon d'Or biasanya digelar pada Desember, sedangkan acara penyerahan penghargaan The Best biasanya pada September.

Sistem penilaian atau pemungutan suara dua penghargaan tersebut juga berbeda. Pemenang Ballon d'Or dipilih secara eksklusif oleh panel jurnalis dari seluruh dunia.

Sedangkan pemenang The Best, diputuskan oleh apa yang FIFA sebut sebagai "juri internasional" yang terdiri dari pelatih dan kapten tim nasional, jurnalis dan suporter.

Trofinya sendiri juga berbeda, Ballon d'Or adalah bola emas dengan lapisan kristal didasarnya dan trofi The Best terbuat dari platinum dan karbon, yang menyerupai trofi tertinggi dalam sepak bola yaitu Piala Dunia.

Ballon d'Or (yang merupakan bahasa Prancis untuk Bola Emas) pertama kali digelar pada 1956 dan The Best pertama kali muncul pada 2017.

Sebelumnya penghargaan The Best pernah merger dengan French Football dan menjadi penghargaan FIFA Ballon d'Or antara 2010 sampai 2015.

FIFA telah menjalankan penghargaan The Best sejak 1991, tetapi hilang ketika mereka bergabung dengan Ballon d'Or.

Penghargaan yang baru mempertahankan kategori dari Ballon d'Or, dengan mencantumkan kata FIFA di depannya dan menjadikannya Ballon d'Or versi FIFA.
Pewarta :
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar