Panglima TNI-Kapolri-Menkopolhukam tinjau situasi Manokwari

id Papua Barat,kapolri,panglima tni,menkopolhukam,manokwari

Panglima TNI-Kapolri-Menkopolhukam tinjau situasi Manokwari

Gedung DPR Provinsi Papua Barat pascaterbakar pada kerusuhan di Jl. Siliwangi Manokwari pada Senin (19/8/2019) (Antara/Toyiban)

Secara situasi Manokwari, Sorong dan Fakfak sudah kondusif. Aktivitas masyarakat dan pemerintahan sudah mulai lancar, lanjut Krey
Manokwari (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Menkopolhukam Wiranto hari ini akan berkunjung ke Manokwari, Papua Barat, untuk memantau situasi keamanan pascakerusuhan pada Senin (19/8).

"Benar beliau dijadwalkan tiba siang ini pukul 12:00 WIT. Saat ini sudah dalam perjalanan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey di Manokwari, Kamis.

Setelah tiba di Manokwari, Kapolri, Panglima dan Menkopolhukam akan melakukan peninjauan secara umum kondisi kota Manokwari. Selanjutnya akan menggelar jumpa pers bersama para awak media di daerah tersebut.

Baca juga: Polri sebut unjuk rasa di Papua-Papua Barat berakhir aman

"Jadwal pastinya nanti kami liat dulu. Yang pasti beliau ke sini untuk memantau situasi di Manokwari pascarusuh Senin lalu. Dengan demikian akan diketahui apa yang harus dilakukan masing-masing pihak," katanya.

Kerusuhan yang terjadi tiga hari lalu itu merembet ke beberapa daerah di Papua Barat, di antaranya Kota Sorong dan Kabupaten Fakfak. Saat ini, Kapolda, Pangdam XVII/Kasuari serta Gubernur Papua Barat sedang berada di Sorong untuk melakukan rekonsiliasi.

Dari Sorong, rombongan gubernur akan bergeser ke Fakfak untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: Polisi sebutkan situasi Kabupaten Fakfak sudah kondusif

Upaya rekonsiliasi yang ditempuh Pemprov bersama Polda dan Kodam dilakukan dengan berkoordinasi dengan seluruh tokoh dan pemangku kepentingan di daerah masing.

Di Manokwari pertemuan dengan tokoh adat, agama serta aktivis sudah dilakukan pada Rabu (21/8), menyusul Sorong dan Fakfak.

"Secara situasi Manokwari, Sorong dan Fakfak sudah kondusif. Aktivitas masyarakat dan pemerintahan sudah mulai lancar," lanjut Krey.

Aparat TNI dan Polri masih bersiaga untuk memastikan bahwa seluruh daerah di Papua Barat aman.