Dinas Pariwisata Sumut anggarkan Rp5 miliar kembangkan wisata olahraga

id Dinas Patiwisata sumut, wisata sport, berita sumut, sumut hari ini

Dinas Pariwisata Sumut anggarkan Rp5 miliar kembangkan wisata olahraga

Kepala Dinas Pariwisata Sumut Hidayati (dua dari kanan). (Antara Sumut/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Dinas Pariwisata  (Dispar) Sumut menganggarkan dana Rp5 miliar untuk mendukung suksesnya wisata olahraga yang akan digelar tahun 2020.

"Pemerintah Provinsi Sumut sedang dan terus memperkuat sektor pariwisata. Wisata sport dinilai juga berpotensi besar untuk menjadi daya tarik wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumut, Hidayati di Medan, Minggu (4/8).

Dana anggaran Rp5 miliar itu direncanakan antara lain untuk balap mobil, sepeda motor, sepeda dan lomba lainnya yang bersifat sport.

Direncanakan dana anggaran itu khususnya untuk mendukung perlombaan yang bersifat nasional bahkan internasional.

Dia tidak merinci berapa total anggaran di Dinas Pariwisata Sumut pada tahun 2020 dengan alasan anggaran itu masih sedang dalam proses.

"Yang pasti dari total anggaran di Dinas Pariwisata Sumut pada 2020, ada alokasi untuk wisata sport/olah raga," katanya.

Diharapkan pariwisata olah raga itu semakin mendorong jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Pemerintah Provinsi Sumut dan didukung pemerintah pusat, ujar Hidayati, terus berupaya menjadikan pariwisata sebagai sektor utama yang mendatangkan devisa.

"Pemprov Sumut semakin yakin pariwisata bisa menjadi penopang utama pendapatan setelah pemerintah menetapkan Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional," ujarnya.


 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar