BRI dukung pengembangan UMKM di rest area JTTS

id Tol Trans Sumatera,arus mudik melalui tol,Tol ruas Terbanggi Besar-Pematang,Tol Lampung-Palembang

BRI dukung pengembangan UMKM di rest area  JTTS

Wakil Pimpinam Wilayah BRI Bandarlampung, Jhon Sarjoni, saat melakukan transaksi pembelian keripik di rest area KM 215 Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung, Jumat, ( Antaralampung.com/Emir Fajar Saputra)

Tulangbawang Barat (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendukung keberadaan para pelaku UMKM untuk bisa berjualan di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) karena akan mendorong perkembangan perekonomian masyarakat di kawasan jalan bebas hambatan tersebut.. 

“Nanti kita memang fokus untuk usaha pengembangan usaha UMKM, dan hampir 80 persen secara nasional segala pembiayaan ditujukan ke sektor UMKM, termasuk di rest area yang ada disini,” kata wakil pimpinan wilayah BRI Bandarlampung, Jhon Sarjoni, di Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung, Jumat. 

Menurutnya, para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan dalam hal pembiayaan kredit, pembinaan manajemen dan menciptakan akses pasar sehingga mereka bisa lebih meningkatkan kapasitas usaha yang dimilikinya. 

“Potensi di sini banyak sekali, baik yang berbasis komoditas pertanian, pemberian makanan, maupun kerajinan handicraft. Itu kan sayang kalau tidak kita berikan akses,” katanya 

Ia menjelaskan, para pelaku UMKM bisa lebih mandiri, mengembangkan pasar, dan menyerap tenaga kerja.
 
 “Kita memberikan mediasi dengan pengelolaan dengan mereka yang  mempunyai akses berusaha di sini, mengenai biaya akan kita kondisikan pembiayaannya,” katanya.
 
Ia menuturkan, dengan adanya BRI bisa memberikan modal sewa, mengisi stock dan segala macam lainnya. 

Jhon mengharapkan,  dengan adanya jalan tol bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, apalagi bisa merekrut para UMKM untuk mengisi gerai dan kios di rest area tersebut. 

“Semakin banyak pengguna jalan tol dan banyak pengunjungnya, sudah jelas pasti dalam jangka panjang setahun atau dua tahun pasti akan ada peningkatan setiap harinya,” jelasnya 

Salah satu UMKM asal Unit 2 Menggala Tulang Bawang Diana meengatakan bahwa sangat senang bisa berjualan di rest area ini, apalagi menjadi bagian dari suksesnya pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

“Saya di sini berjualan siomay dan peyek, itu semua hasil dari buatan rumahan. Semoga bukan hanya hari ini saja, tetapi bisa berkelanjutan da dibantu oleh BRI untuk permodalan para pelaku usaha,” jelasnya