Manfaat lari maraton untuk kesehatan

id lari maraton,kesehatan tubuh

Ilustrasi lari maraton (Maridav/Shutterstock)

Jakarta (Antaranews Lampung) - Para penggiat hidup sehat banyak yang memilih lari maraton sebagai bagian dari gaya hidupnya. Sebab tidak hanya untuk membakar kalori saja, lari maraton juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Lari maraton dibagi menjadi tiga jenis yakni half marathon (21 km), full marathon (42 km) dan ultramarathon (di atas 42 km). Lari maraton juga tidak boleh sembarangan dilakukan, peserta harus mengikuti pelatihan dan diet. Berikut ini manfaat dari lari maraton sebagaimana dilansir Boldsky, Minggu.

1. Meningkatkan kesehatan jantung Saat memutuskan untuk berlatih lari maraton, maka Anda harus disiplin dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kecepatan lari Anda dan jarak tempuhnya pun secara bertahap akan meningkat. Latihan yang Anda lakukan akan membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan memperkuat hati.

2. Menurunkan tekanan darah secara alami Latihan lari maraton akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini juga dapat membantu membuat semua bagian tubuh berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan imun Latihan rutin lari maraton dapat meningkatkan imunitas Anda sehingga membuat fungsi tubuh lebih efisien. Hal tersebut akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

4. Meningkatkan kesehatan mental Proses latihan lari maraton membuat fokus Anda menjadi lebih baik. Memenangi lomba lari maraton akan membawa Anda pada perasaan senang. Hal ini berpengaruh pada mental Anda dan meningkatkan rasa percaya diri. Lari maraton juga mujarab untuk menghilangkan stres.
 
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar