Kunjungan wisatawan ke Lampung 11,7 juta orang

id gubernur lampung, m. ridho ficardo, pariwisata lampung

Kunjungan wisatawan ke Lampung 11,7 juta orang

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo (Foto: Antaralampung/Istimewa)

Menempatkan Provinsi Lampung diposisi peringkat 10 nasional, mengalahkan Bali yang berada di posisi 11 dengan 10 juta wisatawan nusantara, kata Gubernur
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Kunjungan wisatawan Nusantara Ke Provinsi Lampung sejak Januari hingga bulan Desember 2017 sebanyak 11.734.804 orang.

"Menempatkan Provinsi Lampung diposisi peringkat 10 nasional, mengalahkan Bali yang berada di posisi 11 dengan 10 juta wisatawan nusantara," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, di Bandarlampung, Selasa (16/1).

Ia menyebutkan, angka tersebut juga jauh melebih target yang ditetapkan pada tahun 2017, yakni sebanyak tujuh juta orang.

Sebelumnya, lanjut dia, Provinsi Lampung menempati posisi ke sembilan untuk kunjungan wisatawan nusantara pada Oktober 2017. Posisi tersebut juga mengalahkan Bali yang berada di posisi sebelas.

Ridho menjelasan, data tersebut dihitung menggunakan teknik lalu lintas pergerakan wisatawan melalui telepon seluler oleh Kementerian Pariwisata dan PT Telkom.

Gubernur Lampung itu menyatakan capaian tersebut tidak terlepas dari makin mudahnya akses ke Lampung, baik melalui darat maupun Bandara Radin Intan II.

Selain itu, beberapa event berskala nasional dan internasional yang di gelar oleh Provinsi Lampung turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung, seperti Hari Keluarga Nasional, Hari Kopi Internasional, dan sejumlah acara nasional lainnya yang mulai gencar memilih Lampung sebagai tuan rumah.

"Peningkatan kunjungan ini juga merupakan prestasi bagi seluruh pelaku pariwisata, mulai pengelola hotel, restoran, pengelola tempat wisata, dan transportasi. Sektor-sektor ini yang punya efek ganda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Ridho.

Ridho menjelaskan, pertumbuhan hotel di Lampung sendiri naik, beberapa diantaranya bahkan ditopang dengan lokasi yang tidak jauh dari destinasi wisata.

"Beberapa dekat dengan Pulau Pahawang dan pulau-pulau di sekitar Teluk Lampung, sehingga bisa dikemas menjadi `one day tour`," pungkas Gubernur Ridho.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Budiharto menyatakan optimistis bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung akan terus meningkat pada 2018.

Hal tersebut, lanjutnya, berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata RI, yang menunjukan bahwa jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Provinsi Lampung terus mengalami peningkatan.

Pada 2016, kunjungan wisatawan mancanegara di Lampung mencapai 155.053 pengunjung. Capaian tersebut meningkat sekitar 40 ribu dari tahun 2015, yakni 114.907 wisatawan.

Budi menambahkan, pada Oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Lampung mencapai delapan juta orang. Namun data terakhir yang diterima dari Kementerian Pariwisata hingga Desember 2017 memperlihatkan angka yang lebih mengejutkan, yakni 11 juta lebih wisatawan.