Lampung Berharap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Internasional

id gubernur lampung, ridhop ficardo, kejuaraan menembak

 Lampung Berharap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Internasional

Gubernur Lampung saat mengunjungi sarana lapangan tembak (perbakin.or.id)

...Target ke depan kejuaraan menembak tingkat internasional dapat digelar di Lampung, kata Ridho....
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengharapkan ke depan kejuaaran menembak tingkat internasional dapat diselenggarakan di provinsi tersebut.

"Target ke depan kejuaraan menembak tingkat internasional dapat digelar di Lampung," kata dia, saat membuka Kejuaraan Menembak Gubernur Cup 2016 di Lapangan Tembak Sukarame Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan segala sesuatunya harus dipersiapkan mulai dari sekarang sehingga Lampung layak menjadi tuan rumah kejuaraan menembak tingkat internasional.

Menurutnya, kondisi lapangan tembak di Provinsi Lampung masih dikelilingi kebun karet sehingga jika akan latihan menembak harus membersihkan lapangan tembaknya dulu.

"Saya dulu saat akan berlatih harus menghadap Kadis Kehutanan pada saat itu yang menjabat adalah Pak Irham beliau sekarang adalah Ketua Umum Perbakin Provinsi Lampung," jelasnya.

Saat ini lapangan tembak di Lampung, lanjutnya, cukup representatif sehingga bisa menggelar kejuaraan daerah, nasional, maupun internasional.

Ke depan Gubernur berharap kejuaraan menembak ada kelas khusus bagi wanita dan juga pelajar serta melibatkan peserta dari luar Provinsi Lampung.

Panitia Pelaksana Kejuaraan Menembak Gubernur Cup 2016 Susanto menjelaskan bahwa kejuaraan yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri, anggota Perbakin dan umum ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan olahraga menembak dan menjaring atlet yang berbakat serta andal.

"Kejuaraan ini juga sebagai ajang pembinaan atlet menembak yang berjenjang dan berkesinambungan serta sebagai ajang silaturahim guna meningkatkan atlet baik secara mental maupun teknis," jelasnya.

Kejuaraan yang bertema "Kita Tingkatkan Kemampuan Menembak Menuju Terciptanya Atlet Menembak yang Andal" merupakan kali pertama dilaksanakan di Provinsi Lampung sejak tahun 1986.

Ketua Umum Persatuan Menembak dan Berburu ndonesia (Perbakin) Provinsi Lampung Irham Jafar Lan Putra menjelaskan bahwa Provinsi Lampung beruntung memiliki kepala daerah yang peduli terhadap olahraga menembak.

Karena itu, ia juga mengimbau agar seluruh kepala daerah di Provinsi Lampung juga dapat belajar menembak.

"Kejuaraan ini baru pertama kali diselenggarakan dan merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-52 Provinsi Lampung, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat di bidang olahraga dan dapat berpartisipasi di ajang nasional," ujarnya.

Kejuaraan menembak itu mempertandingkan tiga kategori, yakni tembak reaksi kriteria IP SC level 1, tembak presisi 25 m kaliber 9 mm/38 Spc, PCP 25 m tiga posisi (system single shot).

Panitia menyiapkan hadiah pada kejuaraan menembak itu, yakni hadiah utama berupa mobil serta berbagai hadiah lainnya di antaranya sepeda motor, tabungan serta piagam.(Ant)