Gubernur Bertekad Sail Indonesia Digelar di Lampung

id kadis pariwisata, Choiria Pandarita, pemprov lampung, sail indonesia

Gubernur Bertekad Sail Indonesia Digelar di Lampung

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Choiria Pandarita dalam rapat koordinasi pembahasan rencana penyelenggaraan Sail Krakatau Tahun 2017 di ruang rapat asisten, Kamis (10/3). (ist)

...Kegiatan Sail Indonesia merupakan turnamen reli yacht tahunan telah diselenggarakan sebanyak tujuh kali di seluruh Indonesia. Gubernur berkeinginan Lampung menjadi tuan rumah untuk 2017," kata Choiria...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bertekad pelaksanaan Sail Indonesia tahun 2017 berlangsung di Provinsi Lampung.

"Kegiatan Sail Indonesia merupakan turnamen reli yacht tahunan telah diselenggarakan sebanyak tujuh kali di seluruh Indonesia. Gubernur berkeinginan Lampung menjadi tuan rumah untuk 2017," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Choiria Pandarita di Bandarlampung, Jumat.

Penyelenggaraan Sail itu diantaranya berlansgung di Bunaken (2009), Banda (2010), Wakatobi-Belitung (2011), Morotai (2012), Komodo (2013), Raja Ampat (2014) dan Tomini yang akan digelar pada Oktober 2016.

"Pemerintah Provinsi Lampung berharap penyelenggaraan Sail Indonesia tahun 2017 dapat diselenggarakan di Provinsi Lampung dan dengan nama Sail Krakatau," ujarnya.

Menurut Choiria pertimbangan dipilihnya nama Sail Krakatau dikarenakan nama Krakatau yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak Desember 1991 melalui Keputusan UNESCO No. Sc/Eco/5827.2.409 dan sudah menjadi ikon kepariwisataan nasional.

"Diharapkan penyelenggaraan acara ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi kelautan dan keindahan perairan Lampung secara berkelanjutan serta meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat di Provinsi Lampung," ujarnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto menjelaskan upaya yang telah dilakukan menuju Sail Krakatau tahun 2017 di antaranya pelaksanaan rapat koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka penyamaan visi, pemantapan sarana dan prasarana, infrastruktur serta pembentukan tim percepatan penyelenggaraan Sail Krakatau 2017 di Provinsi Lampung.

"Pemantapan rangkaian acara terkait pelaksanaan Sail Krakatau tahun 2017 Lampung terus dibahas sehingga diharapkan proposal yang diajukan ke Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumberdaya dapat diterima," jelasnya. (Ant)