Paus : Gereja tak butuh "uang kotor"

id Gereja,Paus : Gereja tak butuh uang kotor

Paus : Gereja tak butuh "uang kotor"

Paus Fransiskus (www.cnn.com)

Kota Vatikan (Antara/Reuters) - Pihak gereja Katolik tidak menginginkan masyarakat mendonasikan "uang kotor" hasil membayar pekerja dengan gaji rendah, demikian penegasan Paus Fransiskus, Rabu.
         
"Beberapa penyumbang datang ke gereja menawarkan keuntungan dari darah orang-orang yang telah dieksploitasi, dianiaya, dan diperbudak bekerja dengan upah tidak memadai," kata Paus saat menggelar pertemuan rutin mingguan dengan para peziarah di Kota Vatikan.
         
"Saya ingin menyampaikan kepada mereka: 'Silakan bawa pulang uang kalian dan bakar segera," ujar Paus yang hendak memberikan perlindungan kepada kaum papa dan merapikan sistem manajemen pusat keuangan Vatikan di masa kepausannya.
         
"Umat Tuhan...tidak membutuhkan uang kotor, mereka butuh ketulusan hati yang dapat membuka ampunan dari Tuhan," ujarnya menambahkan.
         
Paus memberikan cap uang seperti itu berasal dari "kotoran iblis" dan mengutuk para iblis yang dikekang kaum kapitalis. Penyebutan oleh paus itu telah memicu kritik dari beberapa pemimpin bisnis di Amerika Serikat.
         
Paus Fransiskus meningkatkan kewenangan otoritas intelijen keuangan Vatikan (AIF), namun pengawas keuangan Eropa Moneyval menyatakan bahwa tahun lalu Tahta Suci masih perlu bertindak lebih agresif dalam menuntut pelaku kejahatan keuangan.