Bappeda Metro Gelar Lomba Menulis dan Foto

id Bappeda Metro Gelar Lomba Menulis dan Foto, Bappeda Metro Lampung, Sai Wawai Institute

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Memperingati Hari Tata Ruang Nasional Tahun 2015, Badan Perencanaan Pembangunan Kota Metro Lampung bekerja sama dengan Sai Wawai Institute menggelar lomba tulis dan foto bertema "Kota Hijau, Kota Layak Huni".

Menurut Dharma Setyawan, peneliti Sai Wawai Institute, di Metro, Senin (2/11), lomba ini digelar dalam rangka Hari Tata Ruang Nasional yang diperingati setiap tanggal 8 November.

"Kami melibatkan portal jurnalisme warga pojoksamber.com, @infokotametro, dan Metro Photography untuk menggelar kegiatan ini," ujarnya pula.

Adapun syarat dan ketentuan lomba, kata Dharma lagi, pertama, naskah opini bergaya ilmiah populer minimal terdiri dari 750 kata dan maksimal terdiri dari 1.000 kata.

Naskah diketik A4, font Times New Rowman ukuran 12, spasi 1,5. Margin 4 cm kiri, 3 cm kanan, 3 cm bawah, dan 3 cm atas.

Karya dikirim ke email: paman_mao@yahoo.com, untuk selanjutnya dipublikasikan di portal warga Metro: pojoksamber.com.

Aspek penilaian meliputi Kesesuaian Tema, Gagasan, dan Teknik Penulisan.

Sedangkan Ketentuan Umum Lomba Foto adalah sebagai berikut: Objek Photography merupakan bangunan, ruang publik, cagar budaya atau warisan budaya, atau bangunan tata ruang Kota Metro, karya foto (1 objek/kawasan yang dipilih).

Foto dikirim ke email: paman_mao@yahoo.com, untuk dipublikasikan secara terbuka. Setiap peserta maksimal mengirimkan tiga buah foto dan editing hanya diperkenankan basic editing.

Lebih lanjut Dharma menjelaskan, untuk lomba menulis, karya merupakan tulisan hasil karya sendiri, bebas plagiarisme, dan belum pernah diikutkan pada lomba sejenis.

Periode lomba ini cukup singkat, yakni tanggal 1--7 November. Peserta adalah masyarakat umum dengan mengirimkan identitas dan kontak agar dapat dihubungi.

Kedua lomba ini bersifat gratis alias tanpa dipungut biaya sepeser pun. Pemenang lomba, akan diumumkan pada 9 November 2015 , setelah sebelumnya dihubungi melalui email dan telepon.

Adapun juri lomba tulis adalah: Adit (Bappeda Kota Metro), Yerri Noer Kartiko (KLH Kota Metro), dan Dharma Setyawan (Dosen STAIN Metro).

Sedangkan untuk lomba foto, jurinya adalah Rahmatul Ummah, Lutfhi Aziz, dan Muhammad Iqval, seluruhnya dari Metro Photography. "Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," ujar Dharma.

Pemenang lomba, nantinya akan mendapatkan piagam dan uang tunai, masing-masing juara 1 untuk setiap kategori lomba akan mendapatkan piagam dan uang tunai Rp1.000.000, juara 2 akan mendapatkan piagam dan uang tunai Rp750.000, dan juara 3 akan mendapatkan hadiah piagam dan yang tunai Rp500.000 untuk setiap pemenang.