Bawaslu ajak masyarakat dan media awasi pelaksanaan Pilkada Metro

id Bawaslu,pilkada metro

Bawaslu ajak masyarakat dan media awasi pelaksanaan Pilkada Metro

Ketua Bawaslu Metro Badawi Idham. ANTARA/Hendra Kurniawan

Iya kami harapkan peran media dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses pilkada yang akan datang.
Metro (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro di Lampung akan memaksimalkan peran insan pers dan masyarakat dalam pengawalan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Metro 2024 ini.

"Iya kami harapkan peran media dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal proses pilkada yang akan datang. Sehingga dapat menghasilkan sosok pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat dan dapat membawa Kota Metro menjadi lebih baik," kata Ketua Bawaslu Metro Badawi Idham saat rapat publikasi dan dokumentasi bersama seluruh awak media massa di Cafe Three By Metro Pusat, Kamis. 

Ia menyatakan, secara umum pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 lalu di Kota Metro berjalan aman, lancar dan damai. Seluruh hasil tahapan pengawasan Pemilu 2024 telah diserahkan ke Bawaslu RI. 

Kendati demikian, masih terdapat beberapa catatan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu. Tetapi, setelah ditelaah dugaan tersebut tidak terbukti memenuhi unsur-unsur pelanggaran pemilu setelah dilakukan verifikasi bersama sentra Gakkumdu.

"Memang berjalan aman, lancar dan damai tapi memang masih ada catatan untuk Pemilu di Kota Metro terutama pemilu legislatif," katanya pula.

Saat ini, Bawaslu Kota Metro tengah bersiap dalam gugatan perkara di Mahkamah Konstitusi terkait laporan kecurangan pemilu yang dilakukan oleh salah satu partai politik.

"Memang sedikit ada dinamika yang berasal dari kawan kita juga dari Partai Gerindra yang tidak menandatangani form hasil saat penghitungan suara," ujarnya. 

Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Metro Hendro Edi Saputro menjelaskan, rapat yang dilaksanakan Bawaslu bersama perwakilan media baik dari media cetak, online dan televisi di Kota Metro ini dalam rangka persiapan pilkada serentak tahun ini.

"Kami bermaksud mengundang teman-teman media untuk dilibatkan. Harapannya keterbukaan informasi baik itu berakhirnya terkait pemilu dan kemudian nanti mengawalinya di pilkada," katanya lagi. 

Dia memastikan seluruh tahapan pengawasan pilkada nantinya akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat Kota Metro. 

"Insya Allah nanti bulan Mei, semua calon akan mendaftarkan diri dan diverifikasi ketika ada calon perorangan," katanya pula.
Baca juga: KPU : Persiapan logistik Pilkada Metro sudah 95 persen
Baca juga: Sambut Pilkada 2024, DPC PDIP Metro gelar rakor