Festival Andan Jejama 2013 Kenalkan Potensi Wisata Pesawaran

id Festival Andan Jejama 2013 Kenalkan Potensi Wisata Pesawaran

Festival Andan Jejama 2013 Kenalkan Potensi Wisata Pesawaran

Sejumlah perahu hias milik masyarakat Kabupaten Pesawaran saat mengikuti Festival Andan Jejama 2013 (FOTO ANTARA LAMPUNG/Agus Setyawan)

Pesawaran, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pesawaran Jaka Sungkawa mengatakan Festival Andan Jejama 2013 digelar sebagai sarana pengenalan potensi wisata kepada masyarakat luas.

"Kabupaten Pesawaran memiliki berbagai potensi wisata, baik budaya, alam, pulau, maupun pantai, sehingga layak untuk dijadikan daerah tujuan wisata," ujar Jaka di Pesawaran, Minggu (27/10).

Menurut dia, kegiatan festival itu dilaksanakan dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata dan semangat melestarikan tradisi daerah.

Untuk itu, kata dia,, tahun ini Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyelenggarakan Festival Andan Jejama yang dipadupadankan dengan kegiatan hiburan masyarakat sebagai salah satu strategi promosi wisata.

"Kegiatan yang mulai dilaksanakan 26 Oktober sampai dengan 2 November 2013 merupakan salah satu upaya pengembangan wisata di daerah ini," ujar dia lagi.

Festival Andan Jejama ini, kata dia, adalah awal dari sebuah perhelatan budaya yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

"Sebagai upaya pelestarian seni tradisi sekaligus menggairahkan kehidupan berkesenian dan berkebudayaan yang diproyeksikan menjadi sarana mempublikasikan dan mengenalkan Kabupaten Pesawaran di kancah nasional, regional, maupun internasional," kata dia lagi.

Jaka berharap kegiatan itu lebih mampu membangkitkan perhatian dan jendela dunia bagi Kabupaten Pesawaran.

"`Event` yang sangat bergengsi ini perlu direncanakan, ditata, dan dilaksanakan secara profesional serta terintegrasi dengan melibatkan unsur masyarakat sehingga pada gilirannya nanti tujuan penyelenggaraan Festival Andan Jejama 2013 dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya pula.

Ia menyebutkan rangkaian Festival Andan Jejama 2013 seperti lomba perahu hias dan kano menjadi salah satu kegiatan yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu daya tarik pariwisata.

"Jadi, mungkin tidak hanya saat festival saja, ke depan akan dilaksanakan secara kontinu agar bisa menjadi ikon atau produk wisata unggulan yang bisa terus dikembangkan sebagai penarik minat wisata di Pesarawan," katanya.