40 Ribu Kuntum Bunga Habis Untuk Mobil Hias

id hias

Pagaralam, Sumsel (ANTARA LAMPUNG) - Pembuatan 40 unit mobil hias untuk kegiatan Festival Bunga Nusantara 2011 di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, menghabiskan sedikitnya 40.000 kuntum bunga.
        
"Kita menghabiskan sekitar 1.000 kuntum bunga untuk menghiasi satu kendaraan, dengan tiga jenis bunga, yaitu krisan, cancing dan merry gold, sehingga dengan keseluruhan kendaraan hias untuk mendukung kegiatan ini mencapai 40 unit, akan menghabiskan sampai 40.000 kuntum bunga," kata even organizer (EO) Festival Bunga Nusantara itu, Eceng, di Pagaralam, Jumat.
        
Menurut dia, persiapan pelaksanaan Festival Bunga Nusantara sudah mencapai 80 persen termasuk kendaraan hias yang diperlukan, hanya tinggal pengerjaan akhir (finishing) saja.
        
Kami hanya tinggal menunggu pasokan bunga dari petani untuk menghiasi mobil, dan diperkirakan 28 Oktober ini semuanya sudah selesai dihias, ujar dia lagi.
        
Sedangkan pemasangan atribut, ujar Eceng, berupa spanduk, baliho, poster termasuk penataan panggung, sebagian sudah dilakukan Dinas Pariwisata dan Seni Budaya setempat.
        
"Jalur lintas arak-arakan kendaraan hias sudah kita pasang spaduk dan poster kegiatan festival bunga ini," kata dia pula.
        
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pagaralam, Jumaldi Jani, mengatakan jumlah petani yang melakukan penanaman bunga sekitar 30 orang dengan lima kelompok, untuk menjadi pemasok bunga dalam festival itu.
        
Menurut dia, bahan bunga merry gold penghias mobil dibeli dari petani Rp22.500 per kilogram, sedangkan bunga krisan dan cancing diambil dari lokasi pengembangan milik Pemkot Pagaralam.
        
"Semua bunga yang akan digunakan untuk kegiatan Festival Bunga Nusantara itu dibeli dari petani pada lima kecamatan, seperti Dusun Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara, Kerinjing, Kecamatan Dempo Utara, dan Dusun Mingkik, Kecamatan Dempo Selatan," ujar dia.
        
Kemudian, ada juga dari petani di Dusun Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, dan Dusun Pelangkenidai, Kecamatan Dempo Tengah.
         
Diperkirakan, kata dia, ada sekitar 7.000 pengunjung yang akan datang memadati Kota Pagaralam untuk menyaksikan kegiatan Festival Bunga Nusantara yang pertama digelar di Sumsel ini