KPU Lamsel lantik 85 anggota PPK

id Lampung Selatan ,KPU Lantik PPK ,KPU Lampung Selatan

KPU Lamsel lantik 85 anggota PPK

Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak. ANTARA/Riadi Gunawan.

Lampung Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan melantik sebanyak 85 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2024.

Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak mengatakan, dengan dilantik nya PPK, tugas pokok anggota adalah untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada tahun 2024.

"Pada hari ini kita melantik 85 PPK dari 17 kecamatan yang mana dalam satu kecamatan terdapat lima PPK. Tugas utama teman-teman PPK ini adalah melaksanakan penyelenggaraan pilkada dan membantu tugas KPU setempat," kata dia, di Kalianda, Kamis.

Dia menjelaskan setelah pelantikan puluhan dari anggota PPK dari 17 kecamatan tersebut wajib mengikuti bimbingan teknis (bimtek), serta membantu tugas KPU dalam merekrut panitia pemungutan suara (PPS).

"Hari ini kita juga sedang melaksanakan tahapan pembentukan PPS, akan dilaksanakan tes tertulis kepada calon-calon PPS tersebut dan teman-teman PPK ini akan kita libatkan ikut serta untuk membantu dalam dalam perekrutan PPS," katanya.

Menurutnya, masa kerja petugas PPK ini adalah delapan bulan yang akan berakhir pada Januari tahun 2025.

"Untuk masa kerja PPK ini ada 8 bulan dari mulai dilantik pada hari ini dan akan berakhir nanti pada 27 Januari 2025, masa kerja ini selama 8 bulan untuk kegiatan Pilkada 2024," ujarnya.

Dirinya menyebutkan untuk besaran honor ketua maupun anggota PPK di Pilkada serentak 2024 sama dengan pemilu kemarin.

"Untuk honor PPK, untuk ketua di Rp2,5 juta dan untuk anggota Rp2,2 juta. Untuk masa kontrak kerjanya sampai bulan Januari 2025," ujar dia.