Unila gelar wisuda periode V 2023/2024 sebanyak 754 lulusan

id lampung, unila, kampus, perguruan tinggi, universitas,wisuda unila

Unila gelar wisuda periode V 2023/2024 sebanyak 754 lulusan

Unila gelar wisuda periode V 2023/2024 sebanyak 754 lulusan. ANTARA/HO-Unila

Pencapaian Unila hingga 2024 dalam pemeringkatan QS Ranking dunia di posisi 1.401+, di Indonesia peringkat ke-25, dan di Asia peringkat 701+.

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menggelar acara wisuda periode V tahun akademik 2023/2024 bagi 754 mahasiswa dari berbagai jenjang dan program studi pada Sabtu (18/5), di Gedung Serbaguna Unila, di Bandarlampung.

Jumlah lulusan yang diwisuda terdiri dari 14 lulusan program doktor, 83 lulusan program magister, 35 lulusan program profesi, 601 lulusan program sarjana, dan 21 lulusan program diploma.

Wisuda dibuka dengan pembacaan laporan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani memberikan ucapan selamat kepada para lulusan atas keberhasilan mereka dalam menyelesaikan studi di Unila.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua atas dukungan kepada mahasiswa.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan, atas kerja keras dan kerja sama bapak ibu sekalian dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studi dan diwisuda pada pagi yang berbahagia ini,” ujar Prof. Lusmeilia.

Prof. Lusmeilia juga melaporkan, saat ini Unila sedang melaksanakan beberapa program untuk mewujudkan cita-cita menjadi world class university (WCU).

Dia juga menyampaikan pencapaian Unila hingga 2024 dalam pemeringkatan QS Ranking dunia di posisi 1.401+, di Indonesia peringkat ke-25, dan di Asia peringkat 701+.

Peringkat Unila dalam Times Higher Education (THE) Rank Dunia berada di posisi 1.500+, dengan penempatan ranking Asia 601+.

Prof. Lusmeilia menambahkan, Unila selalu mengupayakan penerapan secara konsisten program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mendorong para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat setiap mahasiswa.

Upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan menunjukkan hasil yang baik, sehingga masyarakat percaya untuk menjalani pendidikan di Unila.

Hal ini ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa baru tahun 2023 sebanyak 7.821 orang, dan ia berharap agar upaya tersebut akan terus meningkatkan kualitas lulusan Unila.

Wisuda periode ini juga turut diwarnai momen haru. Salah satu wisudawati dari Fakultas Kedokteran (FK) Unila Nahrassyiah Rahma Putri, harus diwakili sang ibunda karena wisudawati ini telah meninggal dunia.

Nahrassyiah dinyatakan lulus Sarjana Kedokteran Unila dengan IPK 3,69 dan menyandang predikat pujian dengan masa studi selama 3,38 tahun.

Ijazah wisudawati diserahkan langsung Prof. Lusmeilia Afriani kepada sang ibunda. Prosesi penyerahan diwarnai dengan riuh tepuk tangan dari seluruh wisudawan Unila sebagai bentuk dukungan terhadap wisudawati.

Rektor Unila turut mendoakan almarhumah agar amal ibadahnya dapat diterima di sisi Allah subhanahu wa taala, serta ilmu yang diperoleh almarhumah semasa hidupnya menjadi amal jariah dan bermanfaat bagi orang lain.
Baca juga: Unila mewisuda 1.473 mahasiswa pada Periode I 2023/2024
Baca juga: Unila wisuda 995 sarjana baru