Lampung gelar pawai kendaraan hias dalam rangka HUT Ke-78 RI

id Pawai HUT RI, Pemprov Lampung, kirab marching band lampung

Lampung gelar pawai kendaraan hias dalam rangka HUT Ke-78 RI

Ilustrasi: Warga menonton Kendaraan hias yang melintas saat mengikuti acara Pawai Drumband di Kota Bandar Lampung, Lampung, Minggu (14/8/2022). Pawai Drumband tersebut dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan diikuti oleh 900 orang pelajar SMA di Lampung. ANTARA FOTO/Ardiansyah/hp. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar pawai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di daerahnya.

"Pawai digelar hari ini, dari sebelumnya direncanakan pekan lalu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan pawai HUT ke-78 RI itu terbagi menjadi dua jenis yakni pawai kendaraan hias serta pawai marching band.

"Direncanakan seperti biasa, sebelum pawai kendaraan akan didahului oleh pawai marching band yang akan di mulai dari Mahan Agung (Rumah Dinas Gubernur Lampung), dan ada perbedaan rute dimana pawai kendaraan hias rutenya agak sedikit lebih jauh," katanya.

Dia menjelaskan kegiatan itu dimulai pada pukul 14.00 WIB dan direncanakan selesai pada pukul 17.00 WIB.

"Dimulai pukul 14.00-17.00 WIB, berakhir di Mahan Agung lagi karena akan ada pengumuman pemenang pawai di situ," ucapnya.

Pawai itu diharapkan menjadi salah satu hiburan yang menarik minat masyarakat untuk memeriahkan HUT ke-78 RI. "Semoga masyarakat bisa ikut serta memeriahkan kegiatan pawai ini, memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia," tambahnya.

Adapun rute pawai melewati beberapa jalan protokol di Kota Bandarlampung. Rute pawai marching band dimulai dari Mahan Agung tepatnya di Jalan Dr. Susilo menuju Jalan Diponegoro - Jalan Ahmad Yani - Jalan R.A Kartini - Jalan Katamso - Jalan Raden Intan - Jalan Tulang Bawang dan berakhir Lapangan Saburai Enggal.

Sedangkan rute pawai kendaraan hias dimulai dari Mahan Agung menuju Jalan Diponegoro- Jalan Dokter Warsito- Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Cut Mutia- Jalan Ahmad Yani-Jalan R.A Kartini-Jalan Katamso-Jalan Raden Inten-Jalan Tulang Bawang dan berakhir di Lapangan Saburai Enggal.