Swiss Peringatkan Gunung Es Yang Terpecah

id gletser

Jenewa (ANTARA/AFP) - Satu bagian gunung es besar seukuran 12 kali lapangan bola di pegunungan Alpen Swiss dapat terpisah, demikian peringatan pemerintah setempat, setelah ditemukannya celah besar pada gletser tersebut.
        
Pemerintah Swiss telah membentuk tim penanggulangan krisis guna memantau situasi dan menutup semua jalur pendakian di dekat gletser Giesen, yang berada pada ketinggian 2.800 meter, di bawah permukaan utara puncak Jungfrau di Alpen Bernese.
        
Christian Abbuehl, yang mengepalai satu tim penanggulangan krisis di wilayah Lauterbrunnen, mengkonfirmasi bahwa ukuran bongkahan es yang beresiko terpisah dari induknya ialah sekitar 12 kali lapangan bola.
        
"Tapi kami tidak tahu seberapa tebal es itu, jadi kami tak tahu volume air yang dapat dihasilkan jika gunung es tersebut mencair," kata Abbuehl sebagaimana dikutip AFP, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa malam.
        
Celah besar itu ditemukan sekitar satu bulan sebelumnya, dan membuat petugas di daerah terpencil Lauterbrunnen mengeluarkan peringatan.
        
"Celah besar telah ditemukan di gletser Giesen, yang ditemukan di sisi timur-laut di bawah Jungfrau, sehingga banyak potongan es kecil berjatuhan," kata komune tersebut.
        
"Kami tak bisa mengesampingkan bahwa es dalam jumlah besar dapat terpisah dan bergerak menuju Trimleten-Sandbach," katanya.
        
Christian Abbuehl mengatakan keadaannya tetap tak berubah dari peringatan pada September, tapi menyatakan kondisi dapat membaik saat temperatur turun.
        
Meskipun cuaca sangat hangat pada awal Oktober, cuaca diperkirakan berubah pada Jumat, dan salju diperkirakan turun di Alpen.
        
"Saat itu, bahaya tidak terlalu besar, sebab cuaca akan jadi lebih dingin. Buat warga, belum ada ancaman bahaya," Abbuehl menyatakan.
        
"Tapi kami mengamati situasi setiap hari dan kami telah menutup jalur pendakian di sekitar lokasi tersebut," kata Christian Abbuehl.
        
Bukan tidak umum jika beberapa bagian gletser itu terpisah. Pada saat yang sama, udara dingin juga dapat membuat gunung es terbentuk dari salju yang mencair.