BEM Unila Siap Gelar Festival Budaya 2016

id BEM Unila Gelar Festival Budaya, Festival Budaya Unila 2016, Festival Budaya 2016, BEM Unila

BEM Unila Siap Gelar Festival Budaya 2016

Festival Budaya 2016 siap digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung (BEM Unila). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung (BEM Unila) siap menggelar Festival Budaya 2016 dengan tema "Cintai Budaya, Lestarikan dengan Karya" pada 22-26 November 2016.

Menteri Koordinator Eksternal BEM Unila Khoirul Anwar, di Bandarlampung, Selasa, menjelaskan, Festival Budaya merupakan sarana untuk memperkenalkan budaya nusantara kepada khalayak, dan diharapkan dapat menjadi ajang untuk mengembangkan kreativitas serta mampu untuk menarik minat generasi muda untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya.

Festival budaya itu melibatkan peserta dari seluruh organisasi internal kampus (UKM-U, UKM-F, LK), organisasi eksternal kampus (komunitas seni, komunitas suku, ikatan maahsiswa, dan pemuda daerah) serta masyarakat umum, mahasiswa/pelajar se-Indonesia.

Khoirul menyebutkan beberapa rangkaian kegiatan festival itu, di antaranya bazar dan pameran budaya, karnaval budaya, Lampung mencari bakat, lomba inovasi produk kreatif, lomba videogram, lomba esai nasional, kuliah umum dan ditutup dengan malam seni budaya.

Ia menjelaskan, acara itu terselenggara atas kerja sama BEM Unila dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, dan Dewan Kesenian Lampung.

Acara yang baru pertama kali digelar di Universitas Lampung ini akan dibuka dengan lomba karnaval budaya, yaitu kegiatan mengkampanyekan tentang pentingnya melestarikan budaya dengan long march menggunakan kostum dan atribut budaya yang unik.

Lalu, bazar kuliner dan pameran yang juga akan digelar untuk memeriahkan Festival Budaya 2016.

Peserta dari ikatan mahasiswa daerah, seperti Ikatan Mahasiswa Lampung Barat, Ikatan Mahasiswa Lampung Timur, Badan Mahasiswa Pringsewu Seluruh Indonesia (BMPSI), Ikatan Mahasiswa Lampung Utara, Ikatan Mahasiswa Minang, dan lain sebagainya akan memperkenalkan kebudayaan daerah masing-masing melalui stan-stan yang telah disediakan panitia.

Menurut Khoirul, stan dengan pengunjung terbanyak akan diberi penghargaan dan hadiah. Selain itu, untuk mengembangkan potensi dan kreativitas generasi muda, diselenggarakan pula berbagai macam perlombaan, di antaranya lomba videogram dengan tema "Explore Wisata dan Budaya Sang Bumi Ruwa Jurai" (http://bem.unila.ac.id/vidgramfesbud2016/), lomba Esai Nasional dengan tema "Solusi Pelestarian Budaya dalam Arus Moderenisasi" (http://bem.unila.ac.id/essayfesbud2016/).

Kemudian, Lampung mencari bakat dengan tema "Explore Your Talent, Save Our Culture" (http://bem.unila.ac.id/lmbfesbud2016/), dan Lomba Inovasi Produk dengan tema "Produk Kreatif untuk Meningkatkan Nilai Jual Hasil Pertanian Lampung" (http://bem.unila.ac.id/inpfesbud2016/).

Ia menyebutkan puncak dari kegiatan festival budaya itu adalah malam seni budaya yang akan dilaksanakan pada Sabtu (26/11) pkl 19.00 WIB di Gedung Serba Guna Unila.

Malam seni akan diisi oleh para pemuda yang menampilkan berbagai macam kreasi kesenian budaya nusantara dikemas secara modern dan kekinian.

Pada acara tersebut juga akan diumumkan pemenang sekaligus pembagian hadiah kepada para juara festival budaya.

"Mohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat, semoga festival budaya dapat terselenggara dengan sukses dan mampu menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya," ujar Khoirul Anwar.