Program "Sekaya Maritim" di lampung Timur direalisasikan

id lampung timur, sekaya maritim,

Program "Sekaya Maritim" di lampung Timur direalisasikan

ilustrasi nelayan (ist)

...Sekaya Maritim" adalah program pengembangan kehidupan nelayan, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kekumuhan daerah pantai...
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah Mandiri atau "Sekaya Maritim" dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai direalisasikan pada empat desa di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung pada tahun 2015.

Kepala Desa Sukorahayu, Kasbulloh saat dikonfirmasi, Rabu (1/7), mengatakan, "Program Sekaya Maritim" itu mulai dikerjakan.

Ia menyebutkan, "Program Sekaya Maritim" yang diterima desanya adalah bernilai Rp1,4 miliar lebih. "Akhir bulan Juli 2015 ini, mulai pengerjaan berbagai 'PRogram Sekaya Maritim'," ujarnya.

Dia pun merinci beberapa program melalui "Sekaya Maritim" di desanya ini, di antaranya, pembuatan onderlag senilai Rp200 juta, sumur bor bagi warga dengan biaya Rp200 juta, sarana kesehatan seperti MCK senilai Rp200 juta serta jalan setapak bernilai Rp200 juta.

Selain itu, ujarnya lagi, terdapat biaya pengawasan dan biaya jasa konsultan dalam pengerjaan program itu, di antaranya, jasa konsultasi sebesar Rp44,6 juta dan biaya pengawasan Rp40 juta. "Pengerjaannya melalui rekanan, kami terima beres," katanya pula.

Kasbuloh juga menyatakan, Program Sekaya Maritim yang diterima pada tahun 2015 adalah untuk pembangunan fisik desanya.

"Untuk pengembangan usaha mikro di desa belum, seperti bantuan untuk nelayan belum, mungkin tahun depan," katanya lagi.

Kepala Desa Margasari Nyoto Suswoyo juga membenarkan bahwa Program Sekaya Maritim akan mulai dikerjakan tahun 2015 ini.

Ia merinci beberapa program yang diterima desanya, di antaranya drainase, jalan setapak, pembuatan bak sampah serta MCK, Namun, saat ditanya mengenai rincian penggunaan anggarannya, ia enggan menyebutkannya. "Kalau rincianya saya tidak tahu," ujarnya lagi.

Tapi dia menyebutkan, anggaran yang diterima desanya melalui "Sekaya Maritim" ini mencapai Rp1,5 miliar.

Sementara, Kepala Unit Pelaksana Terpadu (UPTD) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Timur, Johan, saat dihubungi melalui telepon serta pesan singkat (SMS) tidak menjawab tentang rincian lebih lanjut pelaksanaan "Program Sekaya Martim" di Lampung Timur yang bernilai miliaran rupiah itu.

Kecamatan Labuhan Maringgai di Lampung Timur pada 2015 mendapatkan "Program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah dan Maju" (Sekaya Maritim) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Sekaya Maritim" adalah program pengembangan kehidupan nelayan, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kekumuhan daerah pantai.

Program tersebut oleh Kementerian Kelautan akan direalisasikan sesegera mungkin pada 2015 ini.

Empat desa di Kabupaten Lampung Timur yang mendapatkan "Program Sekaya Maritim", yakni Desa Sri Minosari, Karang Anyar, Sukorahayu dan Desa Margasari di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Sehubungan dengan itu, nelayan bersama pemerintah desa setempat antusias menerima "Program Sekaya Maritim" itu karena bertujuan memperbaiki kesejahteraan para nelayan setempat.