Inilah Tujuh Mobil Hibah Kementerian PDT yang "Hilang"

id Mobil Hibah PDT Hilang

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Tujuh dari sembilan mobil hibah dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) untuk kelompok tani di Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung hingga kini belum jelas keberadaannya. Raib kemanakah tujuh mobil hibah itu?

Hasil penelusuran di Kotabumi, Selasa, satu per satu mobil hibah dari Kementerian PDT yang dialokasikan kepada sejumlah kelompok tani yang diduga fiktif di Lampung Utara telah ditemukan.

Setelah satu unit mobil sebelumnya diamankan oleh pihak Kodim 0412, dan satu unit lagi telah berhasil diamankan oleh Polres setempat, Selasa (7/4).

Menurut Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satuan Reskrim Polres Lampung Utara Iptu Supriyanto, satu unit kendaraan truk Dyna Toyota BE 9422 JZ itu sengaja diserahkan oleh seorang warga Kotabumi yang bernama Fendi ke Polres.

Ketika itu, pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap Gapoktan Sumber Makmur Desa Sumber Agung Kecamatan Abung Timur yang seharusnya mendapat bantuan itu.

Gapoktan itu menyatakan kepadanya bahwa mereka sama sekali tidak pernah menerima kendaraan hibah dari Kementerian PDT.

"Saat itu tiba-tiba muncul seorang warga bernama Fendi yang mengaku diminta seseorang yang bernama Usman untuk mengantarkan truk tersebut ke Polres. Usman inilah yang selama ini memegang mobil itu," katanya lagi.

Supriyanto menjelaskan, berdasarkan keterangan Fendi, mobil itu dimanfaatkan oleh Usman untuk mengangkut hasil perkebunan, seperti singkong.

"Untuk sementara, mobil yang diamankan dua unit, pertama pikap Toyota Hilux, dan truk Toyota Dyna," ujar perwira menengah kepolisian ini pula.

Dengan ditemukan dua unit mobil bermasalah itu, berarti jumlah mobil yang masih belum ditemukan hingga saat ini sebanyak tujuh unit.

Tujuh unit mobil bermasalah yang masih belum ditemukan itu memiliki nomor polisi, yakni BE 9019 JZ, BE 9024 JZ, BE 9017 JZ, BE 9417 JZ, BE 9418 JZ, BE 9421 JZ, dan BE 9423 JZ.

Sementara itu, dua unit yang sudah ditemukan adalah mobil truk BE 9422 JZ dan Toyota Hilux berpelat dinas BE 9023 JZ. (Baca juga: Kemana Tujuh Mobil Hibah Kementerian PDT)