Persiapan "Groundbreaking" Jalan Tol Sumatera Jalan Terus

id Jalan Tol Lampung

Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Sejumlah alat berat dikerahkan untuk melakukan pembersihan lahan (land clearing) di titik nol lokasi peletakan batu pertama (groundbreaking) jalan tol sumatera di Provinsi Lampung yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada pekan depan.

Project Officer dari Kementerian Pekerjaan Umum, Imanullah, di Kalianda, Selasa (21/4), mengatakan, saat ini dua alat berat telah dikerahkan oleh PT Hutama Karya untuk melakukan perataan lokasi untuk pelaksanaan acara groundbreaking tersebut.

Namun, kata dia, pengerjaan itu hanya persiapan untuk groundbreaking nanti yang rencananya dihadiri oleh Presiden Jokowi.

"Semula direncanakan pada 25 April 2015 tapi sempat ditunda, rencananya menjadi 28 April pekan depan, namun itu pun belum pasti, karena kami juga belum mendapatkan tembusan kepastiannya," kata dia lagi.

Menurutnya, pembersihan lahan ini dilakukan di titik nol atau berdekatan dengan kawasan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, dan satunya titik groundbreaking rencananya di Desa Sabahbalau Kecamatan Tanjungbintang.

"Kami cuma melaksanakan perintah saja, yang penting saat peletakan batu pertama sudah siap," katanya pula.

Ia menjelaskan, peletakan batu pertama pembangunan jalan tol sumatera di Lampung ini merupakan simbolis, sedangkan untuk pengerjaan selanjutnya setelah pembebasan lahan rampung seluruhnya.

"Kalau pembebasan lahan sudah dilakukan, maka tinggal PT Hutama Karya melakukan pengerjaan pembangunan jalan tol itu selanjutnya," ujar dia.

Di lapangan, dua alat berat mulai membersihkan dan meratakan lahan di lokasi tersebut.

Selain itu, alat berat itu juga sedang melakukan penimbunan rawa-rawa yang masuk dalam garis tengah dan garis samping rencana pembangunan jalan tol Sumatera itu.